Doa terbebas dari hutang

Doa terbebas dari hutang

Doa terbebas dari hutang, adalah amalan doa mustajab agar terbebas dari hutang, minta kecukupan kepada Allah dan berlindung dari kefakiran. semoga bermanfaat semoga terbebas dari hutang

sudah sifatnya manusia adalah tergesa-gesa. segala cara ditempuh agar hutang cepat lunas. Terlilit hutang apalagi hutang Bank bisa berakibat pada kehinaan di siang hari dan gundah gulana dimalam hari. Agar tidak terjerat riba yang ke dua kali baca Tips Cara Dapat Pinjaman Tanpa Riba

kali ini admin akan membagikan Doa terbebas dari hutang. Begini terjemahan Doa terbebas dari hutang simak baik-baik

Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh,
Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung,
Rabb kami dan Rabb segala sesuatu.
Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah,
Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an).
Aku berlindung kepadaMu
dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah).
Ya Allah,
Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu.
Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu.
Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu.
Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu.
Lunasilah utang kami
dan berilah kami kekayaan (kecukupan)
hingga terlepas dari kefakiran.
Aaamiin

Penjelasan Doa terbebas dari hutang

Telah diceritakan dari Zuhair bin Harb, telah diceritakan dari Jarir, dari Suhail, ia berkata, “Abu Shalih telah memerintahkan kepada kami bila salah seorang di antara kami hendak tidur, hendaklah berbaring di sisi kanan kemudian mengucapkan,

اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Allahumma robbas-samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.

Terjemahan Penjelasan Doa terbebas dari hutang

Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh,
Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung,
Rabb kami dan Rabb segala sesuatu.
Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah,
Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an).
Aku berlindung kepadaMu
dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah).
Ya Allah,
Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu.
Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu.
Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu.
Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu.
Lunasilah utang kami
dan berilah kami kekayaan (kecukupan)
hingga terlepas dari kefakiran.

(HR. Muslim)

Kaifiah mengamalkan Doa terbebas dari hutang diatas
1. ketika hendak tidur
2. bila tidur usahakan miring kekanan
3. afdhol bila sebelum tidur ambil wudhu, sholat sunnah taubat, shalat hajat

gunakan adab-adab tidur dari rasulullah, boleh baca Rahasia Tidur penuh Barokah dan Pahala Semoga bermanfaat. dan semoga doa diatas mustajab, jangan lupa baca Sholawat biar doa makbul disisi Allah.

Amalan Riyadhoh buat orang yang kepepet. Terlilit hutang buanyak. masalahnya super super berat. berikut ikhtiarnya…

Syaikh Yusuf bin Isma’il an-Nabhani menjelaskan dalam kitabnya, سعادة الدارين فى الصلاة على سيد الكونين sebagai berikut :

Hadzihi Faidatun ‘azhimah (Ini Faidah yang besar) :

Orang yang memiliki hajat kepada Allah, hendaklah menunaikan shalat pada suatu tempat yang sepi sekiranya tidak dilihat oleh seseorang pun, wudhu secara sempurna, lalu shalat sunnah (hajat) empat rekaat.

Yang dibaca setiap rekaatnya adalah :

Rekaat ke-1 : surat Al-Fatihah 1x, diteruskan surat al-Ikhlash 10x.

Rekaat ke-2 : surat Al-Fatihah 1x, diteruskan surat al-Ikhlash 20x

Rekaat ke-3 : surat Al-Fatihah 1x, diteruskan surat al-Ikhlash 30x

Rekaat ke-4 : surat Al-Fatihah 1x, diteruskan surat al-Ikhlash 40x.

Selesai shalat lantas membaca :
1). surat al-Ikhlash 50x,
2). shalawat Nabi 70x,
3). La haula wala quwwata illa billah 70x.

Jika dia memiliki hutang, Allah akan melunasinya. Jika tersesat di daerah asing, Allah akan mengembalikannya (pada keluarganya). Jika memiliki dosa sebanyak awan di langit, lalu memohon ampunan kepada Allah, maka dosa-dosanya akan diampuni-Nya. Jika tidak memiliki anak, maka Allah akan menganugerahinya anak. Jika berdoa, maka akan terkabul doanya, dan jika tidak berdoa meminta sesuatu, justru Allah akan marah kepadanya. Na’udzu billahi min dzalik.

Di bawah teks tersebut ada penjelasan : “Ini aku tuliskan (didalam kitab ini) dalam rangka untuk terkabulnya suatu doa dzikir , agar diambil manfaatnya oleh orang yang membacanya.

Aku bersumpah kepadamu wahai orang yang ingin mengambil faidah, Demi Tuhan yang meninggikan langit dan membentangkan bumi, yaitu Allah Yang Maha Pengasih dari sekalian yang pengasih, kiranya engkau tidak mengijinkan seorang pun selamanya untuk mengamalkannya, kecuali orang yang berhak/pantas, dengan syarat bahwa orang itu sangat terpaksa. Karena amalan ini cukup berat.

Aku selaku seorang hamba yang fakir mempraktekkannya secara rutin untuk keperluan hutang-hutangku terlunasi dan keperluan lainnya. Belum sampai aku menyelesaikan shalat dan keluar dari tempat shalatku, Allah mengabulkan hajatku dan memenuhi harapanku.

Hanya bagi Allah segala puji dan rasa syukur aku haturkan.”

doa agar terbebas dari hutang

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahuma inni a’udzubika minal hammi wal hazani wa a’udzubika minal ajzi wal kasali wa a’udzubika min ghalabatid dayni wa qahrir rijaali.

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan dan kesedihan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kebakhilan dan sifat pengecut. Dan aku berlindung kepada-Mu dari terjerat hutang dan ketertindasan.” (Riwayat Abu Dawud).

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (SAW) telah mengajarkan doa ini kepada seorang sahabat bernama Abu Umamah yang sedang terjerat hutang, agar doa ini dibaca setiap pagi dan sore. Setelah melakukan apa yang diajarkan beliau, Abu Umamah terbebas dari hutang yang melilitnya. (Al Adzkar, hal. 158).

*di baca pagi dan petang abis sholat subuh dan ashar .

Selesai.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

JURUS AMPUH BEBAS HUTANG!

Ramadhan tiba! Waktu yang tepat untuk mengejar semua hajat kita.. Termasuk hutang piutang yang bikin hati dongkol gak karuan! Yuk bareng-bareng kita ikhtiarkan, biar kita bisa bergabung dengan mereka yang sudah bebasss duluan!

Hutang tidak bisa lunas dalam hitungan jam makwusss!! Kecuali hutang 1-2 juta. dan kita pas ada uang membayarnya. Yang bikin pusing mayoritas pembaca disini adalah hutang senilai puluhan juta, ratusan juta bahkan milyaran! Atau juga yang sebel sampai ke ubun-ubun kartu kredit tiap bulan dicicil bertahun-tahun tapi gak lunas-lunas! Hehe.. Ya iyalah, sistem bunga berbunga di kartu kredit itulah yang bikin jebakan hutang tak berkesudahan..

Langkah-langkah ini saya rangkum dari ceramah Aa Gym, Ustadz Yusuf Mansur dan juga panduan yang disampaikan Ustadz Samsul Arifin lewat diskusi malam-malam via telpon kepada saya.. Yuk kita mulai!

Langkah-langkah supaya bebas hutang dunia yang menjerat:

1. TAUBAT

Minta ampun sama Allah atas perbuatan kita, apapun kesalahan kita. Ketika kita berdosa namun tidak merasa berdosa dan terus cuek bebek maka ridho Allah tidak adan turun. Dan Allah terus kirimkan kesulitan demi kesulitan yang mencengkeram hidup kita.

Nabi yang tak berdosa sehari 100 kali Istigfar. “Barang siapa membiasakan bacaan ISTIGHFAR, maka Allah akan menjadikan untuknya KELAPANGAN dari setiap kesedihan dan JALAN KELUAR bagi setiap kesempitan, serta Allah karuniakan REZEKI kepadanya dari arah yang tidak di sangka-sangka. (Hadist Riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah & Baihaqi)

Ngaku deh, semua hutang apapun bentuknya bikin hidup sumpek, dada sesek, gairah mendlep!

2. BERAZAM HUTANG LUNAS.

Maksudnya adalah bercita-cita dengan sungguh-sungguh hutang lunas! Bukan hanya di bibir pengen hutang lunas, tapi besok masih cari hutangan kesana-sini, wah! Pada level ini harus berani ngomong: saya kapok berhutang dan berjanji tidak akan berhutang lagi! Tidak akan nambah hutang lagi

3. MENJUAL ASSET

Banyak yang menahan hutangnya, padahal dia masih punya asset yang bisa dijual dahulu untuk menutup sebagian atau malah seluruh hutangnya. Hutang mobil sampai nunggak bayar tapi terlalu sayang sama mobilnya, kalo dijual apa kata dunia?! Saya gak gaya lagi dong mas!…. Haiyaaah! Makan tuh gaya.

Atau ada yang hutang modal kerja dengan cicilan flat misal 5 juta/bulan, tapi usaha bangkrut.. modal ludes! Terus? Ya sisa usaha apapun dijual.. Barang-barang apapun yang bisa jadi duit lepaskan untuk mengurangi beban hutang, termasuk menjual barang-barang pribadi yang tidak ada hubungannya dengan usaha itu.

4. MENCICIL LEBIH BANYAK.

Banyak yang punya hutang, tapi juga punya penghasilan tetap tiap bulan. Kuncinya MENUNDA SEMUA KESENANGAN, alokasikan dua sampai tiga kali lipat untuk membayar hutang. Semakin kita mengurangi pokok, beban cicilan juga berkurang. Kalo yang punya usaha, stop dulu ekspansi.

Tiap dapat untung langsung hajarrr buat nyicil hutang lebih banyak. Asset kantor yang bisa dijadikan uang juga dilepas saja, bikin list semua barang di kantor apa saja yang bisa diuangkan, dan selama ini hanya mubazir menuh-menuhin ruangan.

5. LEVEL PASRAH DINAIKKAN!.

Yakin bahwa selama kita punya niat baik berikhtiar, Allah akan memberi jalan. Kalo kata AaGym “ini episode yang harus dihadapi dalam hidup kita.. ya hadapi saja, gak usah mengeluh! Kembali ke Allah, karena hanya Allah Yang Maha Pemberi Solusi. Delapan tahun lalu bisnis saya hancur, karena yang dikejar hanya ketenaran dan uang. Sekarang semua bangkit kembali, yang datang ke pesantren ini banyak lagi sampai kita nolak-nolak santri”

Ustadz Yusuf Mansur berkata “mau ludes ya ludes deh! Ini cara Allah membersihkan hidup kita. Gakpapa kita bangkrut, yang penting hidup dan harta kita juga dah bersih, nanti pelan-pelan bangkit lagi, yakin seyakinnya Allah bakal kasih jalan. Saya dipenjara karena sesuatu yang diarahkan ke saya oleh orang lain, ya udah terima aja, di penjara saya dapat hikmah supaya bisa bangkit lagi”

Seorang ustadz kawan saya di Bantul kena tipu biro travel umroh abal-abal yang mendompleng di acara pengajiannya. Si biro promosi usai acara pengajian iming-iming umroh murah 15 juta, dan malam itu 5 orang ibu-ibu langsung gesek pakai mesin EDC yang disiapkan si biro, total DP terkumpul 45 juta.

Besoknya si biro kabur entah kemana.. Abal abal beneran! Ustadz kawan saya itu kelimpungan dituntut mengganti uang rombongan ibu-ibu itu. Besoknya ada orang datang membawa uang 42 juta untuk membantu pembangunan pondok pesantrennya. Cobaan datang lagi, uang itu tercecer di perjalanan ketika mengisi pengajian, uangnya entah kemana

Pusing! Puyeng! Dihantam dua masalah berurutan. Satu-satunya tempat mengadu ya hanya kepada Allah, kita ngadu kepada manusia juga belum tentu dia ngasih solusinya. Setiap malam dia berzikir: Hasbunal ah wani’mal wakil, ni’mal maula wa ni’mannasir (Cukup bagiku Allah sebaik-baik pelindung dan penolongku) Hingga 450 kali rutin tiap malam.

Dua minggu kemudian keajaiban datang, seorang ibu yang jadi korban biro abal-abal datang bertemu ustadz, mengaku adiknya menemukan uang 42 juta dalam plastik di lokasi pengajian, uang itu sudah dibelikan motor 3 buah.

Ketika berembug dan itu uang titipan sedekah, akhirnya disepakati motor itu dikembalikan untuk operasional pondok itu, juga boleh dijual, dan ibu itu bisa membujuk kawan-kawannya untuk tidak menuntut dan menyalahkan si ustadz karena kasus biro abal-abal tersebut. Kasus dianggap clear.. Selesai! Amazing!

Masya Allah.. Ya begitulah cara Allah menyelesaikan masalah, dengan cara yang tidak terduga duga. Kita yang kadang hati gak yakin sehingga masalah kita tertunda-tunda.

6. KEMBALI FOKUS KE BISNIS, BUKAN KE HUTANG

Mulai mengatur hidup kita, arahnya diluruskan kembali, yang kemarin sibuk menumpuk aset hutangan dan gaya hidup berlebihan sekarang fokus bagaimana membuat bisnis bisa berputar kembali, kerja keras lagi, pantang hutang lagi, sampai menunggu moment hutang kita lunas dengan perjuangan karena cita-cita sudah diluruskan.

7. SEDEKAH dan DOA IBU

Dalam kondisi apapun sedekah tidak boleh berhenti. Bantu urusan orang lain agar urusan kita juga dibantu oleh Allah. Jangan lupa, minta doa dari ibu atau ayah kita.. Mereka yang sejak kecil merawat kita, doa mereka membuka pintu-pintu keberkahan dalam hidup kita.

Ustadz Samsul Arifin yang punya gerakan Pengusaha Tanpa Riba sering banget mengirimkan capture chat dengan anggotanya kepada saya, orang-orang yang berproses sejak berazam bebas hutang hingga hutangnya semua lunas tak bersisa! Beliau mengijinkan saya membagi chat testimoni orang-orang yang sudah bebas hutangnya dibawah ini..

Ada yang bebas dalam setahun.. Ada yang dua tahun..Ada yang tiga tahun.. Namun roses itulah yang luarrr biasa! Mereka bisa tuh.. pasti kita yakin juga bisa

Rindu pada masa-masa dulu bangun tidur tak punya hutang kan? Senyum lepas tanpa beban.. tanpa beban.. Ya Allah… Kabulkan..

Hehe.. Kita lanjutkan! Kalo tulisan bebas hutang yang pertama adalah yang hutangnya kelas berat, puluhan juta, ratusan juta bahkan yang milyaran, naah yang tulisan kedua ini buat yang hutangnya kecil-kecil aja deh, ratusan ribu.. satu dua juta tapi ada dimana-mana… Duerrrr!!

Dari Abu Hurairah, Nabi shal al ahu „alaihi wa sal am bersabda,
“Jiwa seorang mukmin masih bergantung dengan hutangnya hingga dia melunasinya.”
(HR. Tirmidzi no. 1078)

Hadist lain: “Nabi shal al ahu „alaihi wa sal am biasa berdo‟a di akhir shalat (sebelum salam): ALLAHUMMA INNI A‟UDZU BIKA MINAL MA‟TSAMI WAL MAGHROM
(Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari berbuat dosa dan banyak utang)”

Lalu ada yang berkata kepada beliau “Kenapa engkau sering meminta perlindungan adalah dalam masalah hutang?” Lalu Rasululah shalallahu „alaihi wa sal am bersabda, “Jika orang yang berhutang berkata, dia akan sering berdusta. Jika dia berjanji, dia akan mengingkari.”
(HR. Bukhari no. 2397)

banyak komentar yang masuk antara lain: “Kami gak pernah berhutang, malah suami saya yang sering memberi hutangan ketika ada yang datang, namun sesudahnya kami malah seperti jadi musuh mereka. Ketika kami menagih malah lebih galak mereka, HP dimatikan, dicuekin… Aduuuh sudah ditolong malah diginikan”

Hehehe..

Saya pun pernah mengalami, periode 2009-2010 ada sekitar 13 orang yang datang berhutang, saya bantu semampu saya.. Namun ya begitulah ujungnya, saya gak pernah nagih tapi saya jadi dicuekin, sms gak dibales, telpon gak diangkat, ketemu dijalan juga cuek.. Hehe beda banget ketika dulu datang dengan wajah memelas dengan beragam alasan.

Alhamdulillah sampai sekarang mayoritas uangnya gak kembali, tapi yang paling saya sayangkan adalah silaturahmi yang terputus… Sejak itulah saya berprinsip saya tidak akan memberi hutangan kepada siapapun, lebih baik saya bantu semampu saya dalam hitungan sedekah saja.. Pengalaman dengan 13 orang ini jadi pelajaran berharga, silaturahmi jadi terputus karena hutang yang diingkari..

Sungguh benar pesan Nabi diatas tadi..

Lalu? Lalu? Gimana mas? Mari kita koreksi diri sendiri, jangan-jangan selama ini kita punya hutang tercecer disana sini. Sama si A sudah dua tahun gak dibayar. Sama si B sudah tiga tahun malah . Duuuh sama si C sudah setahun.. Ampuun.. Sama di D Juga sudah setahun lebih! Ambil kertas deh, jujur pada diri sendiri, bongkar isi hardisk di otak kita..

Satu demi satu catat orang-orang yang dulu membantu kita memberi kita hutangan, ternyata kita dzalimi dan kita lupakan.. Astagfirul aaah.. Inget, hutang adalah hutang.. Kanjeng Nabi Muhammad nyaris tidak mau menyolati jenazah orang yang masih punya hutang, sampai seorang sahabat menjamin hutang orang tersebut.

Terus gimana dong mas cara melunasinya? Ayuuk kita rapikan semua! Ikuti langkah-langkah ini, agar harga dirimu yang sudah tergadai dimana-mana bisa kau tebus lagi dengan terhormat! Inget.. Kalo hutang ini gak diselesaikan hanya akan jadi beban di hati seumur hidup, bukan tidak mungkin inilah yang jadi penghalang rejeki yang lebih besar datang kepada kita.

Yak kita mulai:

1. TAUBAT jelasss lah..

Minta ampun sama Allah atas kelalaian kita mendzolimi orang-orang yang sudah menolong kita.

2. Berazam (bercita-cita dengan sungguh-sungguh) melunasi hutang.
Inget lho, sungguh-sungguh bukan main-main.

Sabda Nabi: Jika seorang muslim memiliki hutang dan Allah mengetahui bahwa dia berniat ingin melunasi hutang tersebut, maka Allah akan memudahkan baginya untuk melunasi hutang tersebut di dunia”.
(HR. Ibnu Majah no. 2399)

3. Mulai membuat list hutang kita kepada orang-orang yang selama ini kita dzalimi.
Jujur pada diri sendiri, catat satu demi satu namanya dan nominalnya.

4. Kumpulkan uang, tunda kesenangan! Bongkar tabungan,
jual barang-barang yang ada di rumah kita dulu biar jadi uang buat bayar hutang, sudah ikhlaskan saja.. Yang penting hutang lunas, besok beli lagi cash!

5. Mulai bayar satu persatu, urut dari nominal yang paling rendah kita bisa bayar cash!
Misal: ada uang di rekening, ambil 1 juta bayar lunas ke A. Datangi dia, berikan uangnya, minta maaf setulus hati karena melupakan hutang selama ini, syukur-syukur kamu datang bawa oleh-oleh apapun itu sebagai “tombo mangkel”/obat jengkel.. Hehe

Besoknya, jual deh itu TV LCD yang kamu miliki, laku 3 juta, gak usah tunda-tunda datang ke rumah si B, lunasi hutangnya.. Minta maaf, bahkan minta didoakan agar engkau dikuatkan dalam membeli kembali harga diri yang tergadai karena hutang. Begituuu seterusnya.. Satu demi satu coret!!

Lunas lagi coreet!! Sampai akhirnya nanti kamu ketemu nama terakhir, dan kamu sampai di moment semua hutangmu lunass nas!!


Masya Allah… Harga dirimu kini kembali lagi, kepala dapat berdiri tegak, berjalan dengan percaya diri, dapat tersenyum pada semua orang yang ditemui..

Gak ada lagi rasa takut, rasa malu, gak deg-degan takut ketemu orang yang selama inidiam-diam kamu dzalimi. Lalu.. Lanjutkanlah hidup menjadi manusia yang lebih bermanfaat. Dulu raja hutang sekarang raja sedekah.. Setiap bertemu orang yang kesusahan tanganmu yang terulur duluan.

Menjadi manusia keren yang terus menimbun kebaikan, membuat malaikat dipundak kanan sibuk mencatat tak berkesudahan. Salut padamu kawan!!

Demikian artikel doa terbebas dari hutang semoga bermanfaat bagi pembaca. Bila anda ingin berpartisipasi memberikan infaq dan donasi bisa ke link donasi, Bila serius sungguh-sungguh ingin mengamalkannya silahkan isi komentar ya …

356 thoughts on “Doa terbebas dari hutang

  1. Assalamualaikum.. saya berhutang utk mmulai usaha agr mandiri dan tidak menyusahkan orangtua..namun justru ujung2nya minta bntuan mereka dan saudara untuk melunasi hutang yg sampai saat ini saya sembunyikan dr orangtua.. bismillah insyallah akan saya mulai hari ini. saya tdak ingin sampai mengemis di hdapan manusia.. cukup Allah saja, saya memohon jalan keluar dariNya.. bismillah semoga Allah memberi kekuatan untuk mengamalkan ini..

    Suka

    1. SAYA IJIN UNTUK MENGAMALKAN YA USTADZ..
      DAN MOHON BANTUAN DOANYA..SAYA BISA MELUSANI HUTANG2 SAYA DAN BISA MEMBIAYAI 5 ANAK SAYA SAMPAI TUNTAS…dan dilancarkan rejeki …Aamiin

      Suka

  2. Pak ustad mohon ijin mengamalkannya…
    Semoga cepet selesai urusan terlilit hutang hingga sesek untuk bernafas,,,
    Mohon doa serta dukungan pak ustad…

    Suka

  3. Salam. Saya mohon izin untuk mengamalkan amalan yang terkandung di atas agar terbebas dari hutang piutang dan kesusahan hidup. Semuga Allah mengabulkan dan memberikan kita kebahagiaan di dunia dan akhirat, serta dijauhkan dari api neraka. Amin Ya Allah

    Suka

    1. Assalamualaikum ustadz, terima kasih petuahnya semua akan diamalkan agar menjadi pribadi yang baru tanpa hutang hidup tenang dan tentram…biarlah tak punya apa2 tp hati tak was2…doakan agar bisa Istiqomah menjalankannya
      Waalaikumsalam wr wb

      Suka

  4. Assalamualaikum Ustadz.

    Saya izin mengamalkan. Memang salah saya sendiri berhutang melebihi kemampuan sehingga akhirnya susah sendiri. Walau terlambat sadar namun saya berdoa kepada Allah agar di permudah dalam melunaai hutang hutang ini.

    Amin yaa Robbal Alamiin.

    Suka

  5. Asalamualaikum…
    Izin mengamalkannya pa ustad…
    Semoga qita semua ada dalam lindungan Allah SWT… aminnn…

    Suka

    1. Assalamualaikum warahmatullah hibarakatu pa ustadz….
      Mohon izin untuk mengamalkan nya…smg di mudahin jln nya buat ngelunasi hutang..amin

      Suka

  6. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokaatu.
    . Mohon ijin untuk mengamalkannya Ustadz. Saya pengen segra bebas dari hutang dan pengin memperbanyak sedekah membantu orang
    Mohon doanya ya Ustadz..

    Suka

  7. Assallamu’alaikum ustadz. Saya mohon izin dan ijajahnya untuk mengamalkanya. Dan mohon do’anya moga hutang saya semuanya bisa cepat lunas terbayar,AMIN.

    Suka

  8. Assalamu’alaikum ustadz. Saya mohon izin mengamalkanya. Karena kesulitan ekonomi ( buruh pabrik ) sudah 12 thn lebih saya belum bisa melunasi hutang-hutang. cuma hanya sebagian kecil saja. itupun blm ditambah kebutuhan hidup sehari hari yg kadang gali lobang tutup lobang. jadi untuk menutup hutang yg lama ke beberapa rekan terasa berat dan hampir tidak bisa. mohon izin ustadz saya akan mengamalkanya dan do’akan semoga saya bisa cepat membayar hutang,amin.

    Suka

  9. Assalamualaikum.wr.wb
    Saya mhn izin mengamalkan dzikir ini agar saya terbebas dari segala hutang yg saat ini sedang saya hadapi….
    Terima kasih

    Wassalam

    Suka

  10. Assalamualaikum.. Bismillah ijin mengamalkan nya ustad,semoga cepat diberikan jalan untuk terbebas dari hutang,karena saya yakin Allah tidak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan umatNya. Amin

    Suka

  11. Assalamualaikum ust, mohon izin mengamalkan yaa
    saya terlilit hutang, usaha gantung karna modal menipis dan hutang melilit. semoga ada jalan keluar buat saya keluarga untuk bisa menyelesaikan kewajiban bayar hutang pa ust

    Suka

  12. Izin mengamalkan karna sya sudah muak dengan hutang dan yg nama nya rentenir..
    Saya menyesal seumur hidup sya tidak akan pernah mau lagi punya urusan dengan rentenir..

    Suka

  13. Assalamu’alaikum Pak Ustadz sy izin mencoba mengamalkannya, sy dan ibu sdh tdk tau lg hrs berbuat apa, krn bpk sy tdk tau klw hutang riba kami bnyk, mohon doa dan ijajahnya pak Ustad

    Suka

    1. syukur alhamdulillah.sy mulai melaksanakannya ustad.sy yakin allah mendengar do,a dan mengabulkan perminta.an hambanya yg berusaha.amien
      semoga kt sll dlm lindungannya

      Suka

  14. Izin ya ustad untuk mengamalkannya.. allah maha mengetahui isi hati umadnya.. muda2han dengan mengamalkan ini allah memberikan kepada hambanhya kemuadahan dan bebas dari kekafiran..

    Suka

  15. Assalamu’alaikum Ustad, Mohon Ridho dan barokahnya serta do’anya untuk mengamalkan petunjuk dari ustad semoga cepat terbebas dari hutang dan kesulitan, amin Allahumma Amin

    Suka

  16. Mohon ijin utk mengamalkan nya P Ustad…mudah2 an segala permasalahan yg saya hadapi ada jalan keluarnya..Aamiin

    Suka

      1. Assalamualaikum ustadz mohon izin untuk mengamalkannya, moga di ridhoi dan di kabulkan gusti allah swt…amiiiiiin.

        Suka

  17. Assalamualaikum pa ustad…..Mohon doa nya pa ustad…saya serius mau mengamalkan doa tersebut…mudah2an saya di kobul agar terbebas dr hutang…dan tdk akan berhutang lagi…insyaallah…saya serius mau mengamalkannya…mohon ijin pa ustad…

    Suka

  18. Alhamdulillah,, terima kasih ustadz atas infonya dan mohon ijin saya untuk mengamalkannya,, semoga di kabulkan oleh Allah SWT, amiinnnn..

    Suka

  19. asalamualaikum…ustaz solat sunat hajat 4 rakaat..setiap 2 rakaat salam kan ustaz mohon pencerahan..untuk amalan

    Suka

  20. Assalamualaikum ustad mohon doa nya sy akan amalkn doa2 dri ustad jujur sy sudah lelah dengan kilitan utang semoga ini cpt berakhir aminnn

    Suka

  21. asalamualaikum ustadz mohon ijin, saya mau ikut mengamal kan ,mohon ridho dan doa nya tadz.. supaya saya bisa bebas dari hutang2 saya wasslamualaikum wrwb.

    Disukai oleh 1 orang

  22. Ass wr wb dengan ijajah ini insa alloh sy mau menjalankan dan mohon ijin keridoan dan keikhlasan pak ustad terima kasih semoga alloh membalas atas membagikan ilmu ke pada sesama istajib dua’ana amin ya robbal alamin

    Suka

  23. Assalamu’alaikum..
    Mohon ijin untuk mengamalkannya ustad, smg do’a2 sy diijabah oleh Allah utk segera lepas dari belitan hutang riba ini, Aamiin

    Suka

  24. Sy sdh mengamalkan, sy sholat dhuha tiap hari, sy ihtiar kemana2….tapi blm hasil juga…malah skrg terancam di kasus…tp sy masih percaya ada keajaiban dr allah utk saya…kepala saya sdh mau pecah, takut terjerat rentenir

    Suka

  25. mohon ijin ustad untuk mengamalkannya.semoga segala kesulitan yg saat ini menimpa keluarga kami,diberi jalan yg keluar yg terbaik.Aamiin

    Suka

  26. Assalamualaikum wrwb….mohon izin untuk mengamalkannya.dan mohon doa dari ustad saya terlepas dari segala hutang…wasslam.

    Suka

  27. Aslmkm…wrrwb.. Alhamdulilah saya mendapat doa/peteunjuk . mohon ijin untuk mengamalkannya agar saya terbebas dari segala hutang hutang saya . dari kegelisahan dan keresahan yang saat ini menimpa saya. Terimakasih wassalmkm wrwb.

    Suka

  28. bismillahirrohmanirrohim..mohon ijin mengamalkannya, agar terbebas dari segala riba, dan Alloh mengabulkan hajat kami, mohon doa nya juga…

    Suka

  29. mohon ijin mengamalkannya…..terimakasih sebelumnya….semoga Allah memuliakan ustad,atas ilmu yg sudah dibagikan….aamiin

    Suka

  30. Bismillah…. mohon ijin mengamalkan doa-doa di atas. Semoga Allah melapangkan rizki kami, membukakan jalan agar kami bisa terbebas dari jeratan hutang2 kami, dan memudahkan segala urusan kami.
    Semoga Allah memudahkan kepolisian agar segera menemukan orang yang menipu kami, membukakan mata hatinya, memberikan hidayah padanya.
    Semoga Allah mengganti segalanya dengan yang lebih berkah dan lebih baik. Amiin.

    Suka

  31. Saya mohon izin untuk mengamalkan semua do’a dan amalan ibadah di atas, semoga semua permasalahan yang saya hadapi dapat jalan keluar dan selesai serta mendapatkan rezeki yang cukup bagi saya dan anak saya, Amin.

    Suka

  32. Assalamu’alikum wr.wb

    Mohon Ijin Untuk Mengamalkanya.
    Semoga semua hutang saya yg selama ini membuat resah, gundah dapat segera terlunasi atas Ijin dan Ridho Allah SWT. Terima kasih atas Penjabaranya yang Luar biasa, semoga Allah SWT selalu melimpahkan Rahmad Untuk Anda.

    Wassalamu’alikum wr.wb

    Suka

  33. Asalamualaikum, saya sedang terjerat hutang yg banyak, saya mohon izin untuk mengamalkan amalan ini. Doakan semoga saya istiqomah dalam mengalamkannya Aaamin. Terima kasih.

    Suka

  34. Asalamualaikum, ust saya sedang terjerat hutang yg banyak. Saya ingin mengamalkannya. Mohon doanya agar saya bisa konsisten mengamalkan amalan ini.

    Suka

  35. Mohon izin untuk m:engamalkannya semoga Allah SWT memberi jalan keluar agar permasalahan hutang dapat kami selesaikan dan rejeki yang berkecukupan…Aamiin

    Suka

  36. terima kasih, mohon amalkan doa di atas..
    apa doa ini punya sanad/silsilah agar dpt di hadiahkan baca Al-fatihah buat guru2 yg menurunkan amalan ini.

    Suka

  37. Terima kasih atas panduan doa di atas.insha Allah akan saya amalkan.semoga segala hutang yang membelenggu fikiran dpt diselesaikan. Dan rezeki yang mencukupi.mohon izin mengamalkannya..

    Suka

  38. Segala puji Bagi Allah penguasa langit dan bumi beserta seluruh isinya
    saya mengucapkan terimakasih dan Insha Allah saya akan mengamlakannya
    mohon doanya juga semoga Allah membebaskan saya dari hutang yang benar2 melilit saya

    Amiin Ya Rab

    Suka

  39. Ust… selain sholat fadhu sebisa dan semampu saya, saya selalu mengerjakan sholat tahajud/hajat (kebetulan saya selalu bantu istri masak buat di jual paginya) pada pagi hari saya sering mengerjakan sholat dhuha disela-sela saya mengajar di smp tempat saya ngajar

    Suka

  40. Alhamdulilahirobil alamin…saya ucapkan terima kasih dan saya akan mengamalkannya semoga berhasil, hutang2 saya yg membuat resah dalam hidup ini cepat lunas dan di beri rezki yg cukup, amiin ya robal alamin

    Suka

    1. Bismillah,mohon izin ana insya allah mo mengamalkannya,semoga allah subhanahu wa ta ala mengabulkan doa sy n memberi jalan keluar aamiin

      Suka

  41. assalamualaikum
    izin menbgamalkan ustz, dan saya mau bertanya bagaimana caranya untuk menasehati saudara yang msh punya hutang tapi dy tdak mau membayar hutangnya, malah dalam kehidupan sehari2nya hidup bermewah2an… makan enak, jalan2, bikin kue dll.. kami yang di hutangipun merasa agak kesal karna bukan mementinbgkan hutang dlu tp malah mementingkan nafsu dlu… tp untuk mengikhlaskan hutang mereka jjur kami blm bisa karna kami pun msh punya hutang dan krna itu kami mo menagih hutang mrka kpd kami..
    mohon bimbingannya ustz dan doakan kami agar kami bisa mencicil hutang kami karn kmi tkut dengn mati membawa hutang. syukron wasalamualaikum

    Suka

  42. Assalamualaikum wr.wb. mohon izin dan doanya pak ustadz inshaallah saya akan mengamalkannya, semoga Allah mengabulkan doanya dan saya terbebas dari jerat hutang. Amin

    Suka

  43. Assalamualaikum wr.wb.terima kasih, mohon izin dan mohon doa ustadz untuk mengamalkannya semoga Allah mengabulkan sehingga kami terbebas dari hutang. Amin

    Suka

    1. Assalamualaikum

      Bagaimana dalam tindakan nyata mengamalkannyaa Dlm setiap sholat saya selalu membaca doa agar terbebas dr lilitab hutang dan renternir Dan saya selalu deg deg an krn memang saya tidak memegang uang Gaji yg saya dptkan hanya cukup lewat sehari Stress berat dan hampir putus asa Saya single parent dengan anak 7thn Teringat dosa Allah dan anak membuat saya kuat tp disaat lain…saya sangat stress pak usZtad mohon bantuannya

      Rgds, Iis mariam

      >

      Suka

  44. Assalamualaikum wr.wb.terima kasih ustadz atas bimbingannya..semoga kami sekeluarga cepat bisa melunasi hutang2x kami,,mohon doanya juga ustadz.

    Suka

  45. Saya adalah salah satu dari umat muslim yg terlibat hutang dan demi Allah ingin segera terbebas dan hidup bebas hutang, karena sangat mengganggu dan tidak tenang
    Dgn berhijrah semoga Allah memberikan kekuatan dan kesabaran berlebih agar tetap selalu dijalanNya biarpun terkadang sangat putus asa
    Hanya dgn beribadah berdoa rasa putus asa dan ketekutan ditagih hutang perlahan menghilang
    Dan hutang memang tetap ada
    InsyaAllah badai cepat berlalu hanya dengan kuasa Allah

    Suka

  46. Izin mengamalkan ustadz, Mohon doanya agar semua hutang2 saya lunas dan terbebas, dan agar segala hajat saya terkabul. Aamiin…
    terima kasih

    Suka

  47. Assalamualaikum, pak ustad. Izin mengamalkan , shalat hajatnya. Terima kasih pak ustad. Mohon dibantu doanya juga, pak ustad

    Suka

  48. Saya ingin bahkan sangat ingin sekali mengamalkan nya saya ingin semua masalah2 saya bisa cepat terselesaikan saya tersika stiap kali saya mengingat banyak hutang yg melilit saya bahkan terkadang saya pun bingung ini hutang bgmn karna bisnis yg saya jalani adalah bisnih yg salah hingga membawa saya dalam kehancuran namun dg demikian allah maha baik dg menurunkan hidayah nya kepada saya hingga saya bisa berhijran ke jln yg terbaik berhijab dan mendalami ilmu agama akan tetapi saya sangat tidak sanggup menahan hutang apa lagi saya adalah tulang punggung dr ke 2 org tua saya dan 2 anak saya yg masih kecil2..saya ingin sekali mengamalkan amalan ustadz krn allah dan menunaikan kewajiban saya membayar hutang…mohon bimbingan nya

    Suka

  49. syukron ustad mhn izin untuk mengamalkan. semoga kita semua yg sedang berhutang segera dilunaskan oleh Allah. SWT.

    Suka

      1. Ass.wr.wb ustadz saya izin mengamalkan nya u urasan semua hutang dan hajjat saya..tp saya ingin betanya sdikit ustadz itu pengerjaan nya 2rakaat 1salam atau langsung 4rakaat yah…krn yg saya tau sholat hajjat di kerjakan 2rokaat dg 1salam..mohon bimbingan nya ustadz agar niat mencari ridho dan pertolongan allah jd tdk salah…wass.

        Suka

  50. InsyaAllah sy istiqomah jalankan dan jadi amalan wirid agar cepat terbabas dari hutang dan dimuliakan di dunia dan di akhirat..mohon do’a nya Ustadz…

    Disukai oleh 1 orang

  51. mohon doanya ustad semoga permasalahan keuangan saya bisa kembali membaik dan bisa berbagi dengan sesama, amin ya rabbal alamin.

    Disukai oleh 1 orang

  52. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh, pak Ustadz….. mohon izin u/ mengamalkannya do’a tsb dan mohon bantu saya mendoakan saya agar terbebas dari lilitan hutang .semoga Alloh SWT mengabulkan niat saya untuk bisa melunasi hutang-hutang” saya Aaminn… Terima kasih pak Ustadz
    Wassalamu alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh/Sujana

    Suka

  53. minta doa restunya ustad, semoga saya bisa mengerjakannya, demi utang sya yang hampir 50jt untuk biaya oprasi sy, tak ada yang bisa di andalkan kecuali Alloh semata.Sy sudah cukup tertekan dengan keadaan ini.namun sy bersyukur diberikesempatan di uji sakit kanker dan berhasih di angkat.sekali lagi mohon doa dan sholawat untuk saya. semoga Alloh segera mengijabah doa saya Amin……..

    Suka

  54. Assalamu’alaikum ustadz mohon izin dan mohon do’a nya saya ingin mengamalkan doa ini karena saat ini saya sedang terlilit hutang…semoga Alloh swt mengabulkan niat saya untuk bisa melunasi hutang” saya Aminn…

    Suka

  55. Mohon ijin ustadz, untuk mengamalkannya, semoga kami terbebas dari hutang & ALLah memberi ketetapan iman. Aamiin

    Suka

  56. Mohon ijin mengamalkannya ustad, dan mohon petunjuk melakukan. Nya supaya tidak salah , dan d ijabah oleh alloh, amin

    Suka

  57. Assalamu’alaikum
    Izin mengamalkannya ust, mohon do’anya semoga utang2 segera lunas dan selalu diberi rejeki untuk selalu sedekah

    Suka

  58. Izin mengamalkan pak Ustadz.
    Semoga hutang-hutang saya bisa lunas dan kami di beri kemudahan dalam mencari rejeki, Amien.

    Suka

  59. Ijin mengamalkan ustadz. Semoga keluaga kami terbebas dr hutang riba n diberi kemudahan rizki yg barokah. Amien.

    Suka

  60. Mohon ijin mengamalkannya, semoga dikabulkan Allah SWT agar terlunasi semua hutang saya…amin Yarobbal alamin.

    Suka

  61. Assalamualaikum ustadz mohon izin untuk mengamalkannya…mohon doanya pertolongan dari Allah semoga saya terbebas hutang dan diberikan barokah rezeki…Amin

    Suka

  62. Ijin mengamalkanya agar saya terbebas dari hutang…!!! Dan saya mohon agar ustad berkenan membantu utk mendoakan sya agar terbebas dr hutang.

    Suka

  63. Assalamu’alaikum Ustadz….. mohon izin mengamalkannya dan mohon bantu saya mendoakan saya agar terbebas dari hutang. Terima kasih Ustadz

    Suka

  64. qobiltu..mohon ijin ijasah nya..utuk mengamalkan..semoga ijabah oleh allah..hajat hamba..semoga pemberi ilmu menjadi amAl sodaqoh untuk panjenengan..aminnnn ya robb

    Suka

  65. Mohon ijin mengamalkan. Saya sedang dililit hutang ratusan juta krn usaha bangkrut. Mohon bantuan doanya…. saya ingin hutang saya lunas. Kasihan anak istri saya. Trmksh

    Suka

  66. Izinkan saya mengamalkannya ustaz..mohon ustaz bantu saya mendoakan agar sukses. Terima kasih ustaz.

    Suka

  67. Bismillahi rahman nir rahim
    Terimakasih ustadz atas artikelnya
    Semoga menjadi amal shaleh
    Mohon izin untuk mengamalkannya
    Semoga saya bisa segera terbebas dari segala hutang saya

    Suka

  68. ijin mengamalkannya pa ustad, saya sedang terlilit hutang, mudah2an dengan amalan ini semuanya bisa segera selesai, terimakasih pa ustad mohon do’anya

    Suka

  69. Pak ustazd saya lagi bingung karena menanggung utang, mohon izin saya untuk mengamalkan, semoga saya bisa terbebas dari hutang-hutang say

    Suka

  70. Bismillahi rahman nir rahim
    Terimakasih ustadz atas artikelnya
    Semoga menjadi amal shaleh
    Mohon izin untuk mengamalkannya
    Semoga saya bisa segera terbebas dari segala hutang saya

    Suka

  71. Artikelnya membantu sekali,semoga amal ibadah bapak diterima Alloh swt.amin…saya ijin mengamalkan
    Terima kasih
    Wassalam

    Suka

  72. Ijin mengamalkan pak.saya bener2 kepepet di kejar hutang yg menumpuk pak.usaha macet total. Pekerjaan sarabutan hasil pas2an. Saya bener2 bingung pak.sekarang saya lari dr rumah meninggalkan anak istri di rumah yg ikut menanggung derita karena hutang2 saya ini.mohon bantuan doanya dari pak ustadz agar saya bisa terlepas dr jeratan hutang yg saya alami sekarang ini.atas bantuannya doa saya ucapkan terima kasih.

    Suka

  73. bolehkah saya mengamalkanya…dlam satu tahun ini kami mendapat cobaan fitnah/surat kaleng dan saya harus mengembalikan uang ratusan juta,sementara kami menerima gaji dibawah satu juta karna kami tdk memilikijabatan lg alias dicopot..apakah ada aurod/ijajah dalam pengamalan ini

    Suka

  74. Saya ingin hutang/cicilan saya lunas dan bisnis saya diberi kelancaran dan kemudahan agar dapat mewujudkan impian2 saya seperti bangun rumah ortu, beli mobil, umroh dll.. Apa bisa mengamalkan amalan ini?? Sebagai tambahan, saya baru saja memulai bisnis dari 0 bahkan minus..

    Suka

Silahkan Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s