Dalil Shahih Enam Sifat Sahabat

madina munawarah

Mudzakarah 6 Sifat Sahabat

masjid nabawiSesungguhnya Allah SWT meletakkan kesuksesan dan kebahagiaan hidup manusia di dunia dan akhirat hanyalah pada agama Islam yang sempurna. Agama Islam yang sempurna adalah agama yang dibawa oleh Rasululloh shallallahu alaihi wassalam.Meliputi Iman, Ibadah, Muamalah, Muasyarat dan Ahlaq.

Pada saat ini umat islam tidak ada kekuatan dan kemampuan untuk mengamalkan agama secara sempurna. Para sahabat radhiallahu anhu telah sukses dan jaya dalam mengamalkan agama secara sempurna karena mereka memiliki sifat-sifat dasar yang terkandung dalam enam sifat sahabat yang meliputi:

1. Yakin atas kalimah thoyyibah “laa ilaaha illallah muhammadurrasulullah”

2. Sholat khusyu’ dan khudlu’

3. Ilmu ma’adzikir

4. Ikromul Muslimin

5. Tashihun niat (Memperbaiki niat)

6. Da’wah dan tabligh khuruj fi sabilillah.

Enam sifat sahabat radhiallahu anhu tersebut bukan merupakan wujud agama yang sempurna, karena agama yang sempurna terkandung dalam al qur’an dan al hadits, tetapi apabila enam sifat para sahabat tersebut ada dalam diri kita maka Allah SWT akan memberikan kemudahan kepada kita untuk mengamalkan agama secara sempurna.

1. Yakin atas kalimah Thoyyibah “Laa ilaaha illallah Muhammadurrasulullah“. masjid nabawi

Arti :

Tidak ada yang berhak disembah selain Allah Swt. Dan Baginda Muhammad Saw. Adalah utusan Allah.

Maksud Laa ilaha illallah

Mengeluarkan keyakinan pada mahluk dari dalam hati dan memasukkan keyakinan hanya kepada Allah Swt didalam hati.

Fadhilah :

1. Dari Abu dzar radhiallahu anhu  berkata, Nabi shallallahu alaihi wassalam bersabda : tidak ada seorang hamba pun yang mengucapkan La ilaaha il-lallah kemudian dia mati diatas keyakinan tersebut kecuali dia masuk surga (HR.Bukhari)

2. Dari Abu bakar siddiq radhiallahu anhu berkata, Nabi shallallahu alaihi wassalam bersabda : Barangsiapa bersaksi tidakada tuhan yg berhak disembah selain Allah dengan sepenuh hatinya, maka dia akan masuk surga dari pintu mana saja yg dia kehendaki (HR. Abu Ya’la)

3. Dari Ali radhiallahu anhu berkata, Nabi shallallahu alaihi wassalam bersabda, Allah Swt berfirman dalam hadist qudsi : Sesungguhnya aku adalah Allah, tidak ada yg berhak disembah selain aku. Barangsiapa yg mengakui ke- Esaanku maka dia masuk dalam bentengku, barangsiapa masuk dalam bentengku maka dia selamat dari adzabku (HR. Sairoji)

4. Sekecil-kecil iman dalam hati maka akan Allah berikan surga yang luasnya 10 kali dunia. (mahfum hadits)

Cara mendapatkan :

1. Dakwahkan pentingnya iman yakin.

2. Latihan dengan cara memperbanyak halaqoh-halaqoh / majlis iman yakin (bicara atau dengar).

3. Berdoa kepada Allah agar diberikan hakekat iman dan yakin.

Maksud Muhammadarrasulullah.

Meyakini hanya satu-satunya jalan untuk mencapai kejayaan dunia dan akherat hanya dengan cara ikut sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wassalam .

Fadhilah :

1. Dari Itban Ibnu Malik radhiallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wassalam bersabda : Tidak akan masuk neraka atau dimakan api neraka orang yg bersaksi bahwa tidak ada yg berhak disembah selain Allah dan sesungguhnya saya (Muhammad shallallahu alaihi wassalam) adalah utusan Allah (HR. Muslim).

2. Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wassalam bersabda: Barangsiapa berpegang teguh dg sunahku dikala rusaknya umatku, maka baginya pahala satu orang mati syahid (HR.Thobrani).

3. Barangsiapa menghidupkan sunahku, maka sungguh dia telah cinta padaku, dan barangsiapa telah cinta padaku, maka dia bersama aku didalam surga (HR. Tirmidzi)

Cara mendapatkan :

1. Dakwahkan pentingnya menghidupkan sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wassalam .

2. Latihan , yaitu dengan cara menghidupkan sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wassalam Dalam kehidupan kita selama 24 jam.

3. Berdoa kepada Allah agar diberikan kekuatan untuk menghidupkan sunnah.

2. Sholat khusyu’ dan khudlu’ masjid nabawi

Arti :

Shalat dengan konsentrasi batin dan merendahkan diri dengan mengikut cara yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wassalam .

Maksud Shalat Khusu dan Khudu Membawa sifat-sifat ketaatan kepada Allah Swt didalam shalat kedalam kehidupan sehari-hari.

Fadhilah :

1. Allah berfirman : Sesungguhnya shalat dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. (Al-Ankabut : 45)

2. Allah berfirman : Carilah pertolongan Allah dengan sabar dan shalat. (Al-Baqoroh : 45)

3. Shalat adalah milahnya orang beriman. (mahfum hadits)

4. Shalat dapat menghapuskan dosa, (QS. Huud : 114)

Cara mendapatkan :

1. Dakwahkan pentingnya shalat

2. Latihan dengan cara :

a. Memperbaiki dhahirnya shalat.

b. Menghadirkan keagungan Allah

c. Belajar menyelesaikan masalah dengan shalat

3. Berdoa kepada Allah agar diberikan hakekat shalat khusyu dan khudu.

3. Ilmu ma’a dzikir madinah

Arti Ilmu :

Semua petunjuk yang dating dari Allah Swt melalui Baginda Rasulullah shallallahu alaihi wassalam .

Arti Dzikir:

Mengingat Allah sebagaimana agungnya Allah. Maksud Ilmu ma’adzikir Mengamalkan perintah Allah Swt. Pada setiap saat dan keadaan dengan menghadirkan keagungan Allah didalam hati dan ikut cara Rasulullah shallallahu alaihi wassalam .

Ilmu dibagi 2 :

1. Ilmu Fadhoil

2. Ilmu Masail

Fadhilah Ilmu:

1. Dari Muawiyah radhiallahu anhu berkata : Saya mendengar Nabi shallallahu alaihi wassalam bersabda : Barangsiapa yg Allah menghendaki kebaikan untuknya, maka dia akan dipahamkan dalam agama. Saya hanya membagi dan Allah yg memberi (HR.Bukhori)

2. Dari Abu Dzar radhiallahu anhu  Rosulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda kepadaku : Ya Abu Dzar, sungguh kamu berangkat pagi2 untuk belajar satu ayat dari kitab Allah, itu lebih baik bagimu dari pada engkau sholat 100 rakaat dan engkau berangkat pagi hari untuk belajar satu bab dari ilmu, baik diamalkan atau tidak, itu adalah lebih baik bagimu daripada engkau sholat 1000 rekaat (HR. Ibnu Majah).

3. Dari Abu Hurairoh radhiallahu anhu berkata : Rosulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda : Barangsiapa melalui satu jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan mudahkan dia jalan menuju surga (HR. Muslim)

Cara mendapatka ILMU FADHOIL :

1.Dakwahkan pentingnya ilmu Fadhail

2.Latihan :

– duduk dalam halaqoh taklim di rumah dan di masjid

– mengajak manusia dalam halaqoh taklim

– menghadirkan fadhilah dalam setiap beramal

3.Berdo’a agar diberi hakekat ilmu fadhail

Cara mendapatkan ILMU MASAIL :

1.Dakwahkan pentingnya ilmu masail

2.Latihan :

– duduk dalam majelis masail dg para ulama

– bertanya masalah agama baik ubudiyah maupun muamalah

– berziaroh kepada para ulama

3.Berdo’a agar diberi hakekat ilmu masail kakbah3

Fadhilah Dzikir:

1. Dari Abu Musa radhiallahu anhu berkata Nabi shallallahu alaihi wassalam bersabda : Perumpamaan orang yang berdzikir kepada tuhannya dan orang yg tidak berdzikir kepada tuhannya seperti orang yg hidup dan orang yg mati (HR. Bukhori).

2. Allah swt berfirman : Ingatlah kepadaku niscaya aku ingat kepadamu (Al-Baqoroh : 152)

3. Allah swt berfirman : Ingatlah, bahwasanya hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang (Ar-ro’ad : 4) Allah berfirman : Ingatlah pada Ku niscaya Aku akan ingat kepadamu.

Cara mendapatkan dzikir :

1. Dakwahkan pentingnya dzikir kepada Allah Swt.

2. Latihan dengan cara :

a. Setiap hari membaca Al Quran (usahakan 1 juz 1 hari).

b. Membaca tasbihat, shalawat dan istigfar masing-masing 100 X.

Ketika membaca tasbihat maka hadirkan kemahasucian Allah Ketika membaca shalawat maka ingat jasa-jasa Rasulullah kepada kita. Ketika membaca istigfar maka hadirkan sifat Maha Pengampunnya Allah.

c. Amalkan doa-doa masnunah (harian) .

3. Berdoa kepada Allah agar diberikan hakekat dzikir.

4. Ikramul Muslimin

al-nabawiArti :

Memuliakan sesama orang islam / muslim. Maksud ikramul muslimin Menunaikan hak-hak semua orang islam tanpa meminta hak daripadanya.

Fadhilah :

1. Dari Abu Hurairoh radhiallahu anhu berkata Rosulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda : Barangsiapa yang menghilangkan satu kesusahan dari seorang muslim dri pada kesusahan2 dunia, maka Allah akan menghilangkan darinya satu kesusahan dari kesusahan2 akherat. (mahfum hadits)

2. Barangsiapa yg menutup aib seseorang muslim, maka Allah akan menutup aibnya di dunia dan akherat Allah swt akan selalu meolong seorang hamba selagi dia selalu menolong saudaranya (HR.Tirmidzi)

3. Senyummu didepan saudaramu adalah sedekah. (mahfum hadits)

Cara mendapatkan :

1. Dakwahkan pentingnya ikram

2. Latihan dengan cara :

a. Memberi salam kepada orang yang kita kenal ataupun yang tidak kita kenal.

b. Menyayangi yang muda, menghormati yang tua, memuliakan uloama dan menghormati sesama.

c. Berbaur dengan semua orang yang berbeda-beda wataknya.

3. Berdoa kepada Allah agar diberikan ahlaq sebagaimana ahlaq Baginda Rasulullah shallallahu alaihi wassalam .

5. Tashihun niat madina munawarah

Arti :

Membetulkan / meluruskan niat Maksud tashihun niat Membersihkan niat pada setiap amalan semata-mata karena Allah Swt.

Fadhilah :

1. Dari Abu umamah Albahili radhiallahu anhu berkata Rosulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda : Sesungguhnya Allah swt tidak menerima amalan kecuali yang ikhlas dan mencari ridho Allah swt (HR.Muslim).

2. Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu berkata Rosulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda : Sesungguhnya Allah swt tidak melihat bentuk rupamu dan hartamu tapi Allah swt melihat kepada hatimu dan amalanmu (HR. Muslim).

3. Dari Sa’ad radhiallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wassalam bersabda : Hanyalah pertolongan Allah swt kepada umat ini dengan sebab orang2 yang lemahdiantara mereka, yaitu dengan do’a, sholat dan keikhlasan mereka (Nasa,i).

Cara mendapatkan :

1. Dakwahkan pentingnya ikhlas.

2. Latihan dengan cara :

setiap beramal periksa niat kita, sebelum beramal, ketika beramal dan setelah beramal, bersihkan niat agar semata-mata hanya karena Allah.

3. Berdoa kepada Allah agar diberikan hakekat ikhlas dalam beramal.

6. Da’wah dan tabligh khuruj fi sabilillah madinah

Arti : Dakwah mengajak, Tabligh menyampaikan dan khuruj fisabilillah adalah keluar di jalan Allah.

Maksud

1. Memperbaiki diri, yaitu bagaimana agar dapat menggunakan harta diri dan waktu sebagaimana yang diperintahkan Allah.

2. Menghidupkan agama secara sempurnapada diri sendiri dan semua manusia diseluruh alam dengan menggunakan harta dan diri sendiri.

Fadhilah :

1. Allah swt berfirman : Tidak ada yg lebih bagus perkataannya melebihi orang yg mengajak kepada Allah dan beramal sholeh dan dia berkata : Sesungguhnya saya adalah termasuk orang2 yang berserah diri kepada Allah (Al-Fushilat : 33)

2. Dari Abi Mas’ud Albadri Alansari radhiallahu anhu berkata Rosulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda : Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan,maka dia akan mendapatkan pahala orang yg mengamalkannya (HR. Abu Daud)

3. Dari Anas radhiallahu anhu berkata Rosulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda : Sungguh sepagi atau sepetang dijalan Allah itu lebih baik dari pada dunia dan seisinya (HR. Bukhori)

Cara mendapatkan :

1. Dakwahkan pentingnya dakwah dan tabligh.

2. Latihan dengan cara :

keluar dijalan Allah minimal 4 bulan seumur hidup, 40 hari setiap tahun, 3hari setiap bulan dan 2,5 jam setiap hari. Tingkatkan dengan cara bertahap-tahap menjadi 4 bulan tiap tahun, 10hari tiap bulan dan 8 jam setiap hari.

3. Berdoa kepada Allah agar diberikan hakekat dakwah dan tabligh yaitu dapat menggunakan harta, diri dan waktu untuk kepentingan agama.

6sifat
enam sifat sahabat
Menyediakan Kitab Taklim Fadhilah Amal, Fadhilah Sedekah, Fadhilah Haji, Muntakhab aHadits, Riyadhus Shalihin, dan lain lain Dicari Agen Al Quran Terjemah Lafadz Latin Perkata, dengan 7 keunggulan. Whats App SMS +6281234066080

Baca Juga:

  • Tanda anda menjadi budak kehidupan dunia - Bismillah… Inilah Beberapa Tanda Anda Menjadi Budak Kehidupan Dunia: 1. Anda tidak bersiap-siap saat waktu shalat akan tiba. 2. Anda melalui hari ini tanpa sedikitpun membuka lembaran Al-Qur’an lantaran Anda terlalu sibuk. 3. Anda sangat perhatian dengan omongan orang lain tentang diri Anda. 4. Anda selalu berpikir setiap waktu bagaimana caranya agar harta Anda semakin … Lanjutkan membaca Tanda anda menjadi budak kehidupan dunia
  • Manusia yang Bertakwa - TAKWA KEBUTUHAN MANUSIA :: . ~ Perintah bertaqwa ~ -QS.Ali Imran [3]: 102: Perintah bertaqwa dan mati dalam Islam ﴿ يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ ﴾ [آل عمران: 102] . “Wahai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Alloh sebenar-benarnya takwa, dan janganlah sekali-kali kalian mati melainkan dalam keadaan memeluk … Lanjutkan membaca Manusia yang Bertakwa
  • Usaha Memakmurkan Masjid - Usaha MEMAKMURKAN MASJID.. Dalam sebuah hadits disebutkan, pada hari Kiamat Alalh Swt akan bertanya, “Di manakah tetangga-tetangga-Ku ?” Para malaikat akan bertanya “Siapakah tetangga-tetangga Engkau itu, ya Allah ?” Allah Swt akan menjawab “Tetangga-tetangga-Ku adalah orang-orang yang senantiasa memakmurkan masjid.”   📍Dalam hadits lain disebutkan, tempat yang paling disukai Allah Swt di dunia ini adalah … Lanjutkan membaca Usaha Memakmurkan Masjid
  • Mengubah Mental Pegawai dengan Khuruj - Mengubah Mental Pegawai dengan Khuruj. Adzan shalat Dhuhur berkumandang dari masjid di kantor Walikota Palopo, Sulawesi Selatan, siang itu. Hampir seluruh pegawai bergegas menuju masjid untuk menunaikan shalat. Sebagian pegawai pria lengkap dengan kopiahnya, sementara pegawai wanita lengkap dengan busana Muslimah. Situasi di atas adalah pemandangan sehari-hari di kantor tersebut. Shalat berjamaah diharuskan bagi seluruh … Lanjutkan membaca Mengubah Mental Pegawai dengan Khuruj
  • Sabar dan Mujahadah - Sabar dan Mujahadah. Ulama dari generasi Tabi’in, Hasan Basri Rah.A berkata bahwa : “Tidak ada kemuliaan yang lebih besar yang Allah berikan kepada seseorang, melebihi sifat Sabar.” Menurut Hujatul Islam, Imam Al Ghazali : “Shabar adalah tetap tegaknya dorongan agama ketika berhadapan dengan dorongan nafsu.” Jadi barangsiapa yang tetap tegak bertahan dalam mempertahankan agama atau … Lanjutkan membaca Sabar dan Mujahadah
  • Pengalaman Khuruj Seorang Dokter - Pengalaman Khuruj Seorang Dokter. Setelah ikut 3 hari khuruj, seorang DOKTER telah JOSH, setiap pasien yg berobat padanya disuruhnya SHALAT dulu. Ajibnya setiap pasien yg berobat padanya SEMBUH. Allahuakbar Sejak pulang dari itikaf di masjid selama 3 hari bersama jamaah dakwah, dr. Agus menjadi pribadi yang berbeda. Sedikit-sedikit bicaranya Allah, sedikit-sedikit Rasulullah. Cara makan dan … Lanjutkan membaca Pengalaman Khuruj Seorang Dokter
  • Yang di sunnahkan saat puasa Ramadhan - Inilah Hal-hal yang Disunnahkan Saat Puasa Ramadhan. Alhamdulillah kita telah sampai lagi pada bulan penuh berkah, bulan Ramadhan 1436H. Beberapah hari telah kita lewati, menjalani nikmat Allah SWT dengan puasa di bulan ini. Sebagaimana lazim kita ketahui bahwasannya Puasa adalah termasuk Ibadah yang sangat besar pahalanya, terlebih Puasa di Bulan Ramadhan yang tak lain adalah … Lanjutkan membaca Yang di sunnahkan saat puasa Ramadhan
  • Bila Dakwah Amar Maruf Nahi Mungkar Ditinggalkan - Bila Dakwah Amar Maruf nahi mungkar ditinggalkan TARGHIB Nasehat UNTUK TIDAK MENINGGALKAN DA’WAH Jika Da’wah ditinggalkan 1. Diharamkan keberkahan wahyu (Tidak bisa memahami al-qur’an dan hadits) – Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra. beliau berkata bahwa Rasulullah Saw. bersabda : “Apabila ummatku mengagungkan dunia maka akan dicabut darinya kehebatan islam, apabila mereka meninggalkan amr bil ma’ruf … Lanjutkan membaca Bila Dakwah Amar Maruf Nahi Mungkar Ditinggalkan
  • Kelelahan Yang Disuka Allah - Ada 8 kelelahan yang disukai Allah SWT dan RasulNya السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ Assalamu’alaikum wa rohmatullohi wa barokaatuhu… Apa kabarnya sahabat2ku fillah, semoga kita selalu dalam lindungan Alloh SWT, & juga dalam rahmat dan Hidayah-Nya. Aamiin Bismillahirrahmaanirrahiim. LELAH Ada 8 kelelahan yang disukai Allah SWT dan RasulNya : 1. Lelah dalam berjihad di jalan-Nya (QS. … Lanjutkan membaca Kelelahan Yang Disuka Allah
  • Ayo Ke Masjid - AYO KE MASJID Shalat jama’ah memiliki keutamaan dibanding shalat sendirian dengan selisih 27 derajat sebagaimana sering kita dengar. Inilah keutamaan shalat jama’ah tersebut. Disamping itu, orang yang menunggu shalat di masjid juga akan mendapat pahala dan do’a malaikat. Begitu pula ketika seseorang sudah berjalan dari rumahnya menuju masjid, itu pun sudah dihitung pahalanya. “Shalat seseorang … Lanjutkan membaca Ayo Ke Masjid
  • Orang yang dicintai Allah - Orang yang dicintai Allah. Inilah 18 orang yang beruntung karena telah dicintai Allah SWT. Siapa saja mereka dan kenapa Allah SWT sangat sayang dan mencintai mereka. Orang-orang yang dicintai Allah SWT: 1. At-Tawwabin. Orang-orang yang bertaubat Sesungguhnya ALLAH menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. (QS. Al-Baqarah [2]: 222) 2. Al-Mutathohirin. Orang-orang … Lanjutkan membaca Orang yang dicintai Allah
  • Nasehat Indah - NASEHAT INDAH dari grup whats app Tiga hal yg membawa penyakit : 1) ﺍﻟﻜﻼﻡ ﺍﻟﻜﺜﻴﺮ * Banyak bicara 2) ﺍﻟﻨﻮﻡ ﺍﻟﻜﺜﻴﺮ * Banyak tidur 3) ﺍﻷﻛﻞ ﺍﻟﻜﺜﻴﺮ * Banyak makan ﻭﺃﺭﺑﻌﺔ ﺃﺷﻴﺎﺀ ﺗﻬﺪﻡ ﺍﻟﺒﺪﻥ : Empat hal yg merusak badan : 1) ﺍﻟﻬﻢ * Duka 2) ﺍﻟﺤﺰﻥ * Sedih 3) ﺍﻟﺠﻮﻉ * Lapar 4) ﺍﻟﺴﻬﺮ … Lanjutkan membaca Nasehat Indah
  • Debu yang menempel saat keluar di jalan Allah - keutamaan Debu debu yang menempel saat keluar di jalan Allah. Masya Allah luar biasa dahsyat
  • FAST Fathonah Amanah Sidiq Tabligh - Bosan usaha rugi melulu, coba terapkan FAST Fathonah Amanah Sidiq Tabligh. FAST is culture to achieve goals. FAST is characters of our prophet Muhammad SAW FATHONAH Innovative, Creative, Smart, and Hard Work AMANAH Spirit, Professional, Attitude, and Character SHIDIQ Dignity, Integrity, Morality, and Honesty TABLIGH Vision, Organized, Communicative, and Friendly
  • Hukum Khuruj Bersama Jamaah Tabligh Fatwa Syaikh Utsaimin - Jamaah tabligh Hukum khuruj bersama mereka Fatwa 7 Syaikh Muhammad Bin Sholih Al Utsaimin Soal: Fadhilatus syeikh, saya suka untuk membicarakan tentang keberadaan jamaah tabligh, apakah engkau ya Syeikh menasehati untuk keluar bersama mereka di negeri-negeri bersama mereka? Jawab: Dakwah, menyeru kepada Allah adalah suatu hal yang diperintahkan, Allah ta’ala berfirman: Serulah (manusia) kepada jalan … Lanjutkan membaca Hukum Khuruj Bersama Jamaah Tabligh Fatwa Syaikh Utsaimin
  • 28 Ushul Dakwah - 28 USHUL DAKWAH Dalam usaha dakwah perlu diperhatikan tertib-tertib dakwah atau ushul dakwah. Dakwah yang tidak dilaksanakan dengan tertib tidak akan menyatukan ummat, tetapi dakwah akan dilaksanakan menurut hawa nafsu dan kepentingan tertentu. Hasilnya ummat akan terpecah belah. Ushul Dakwah ada 28, yaitu : 4 perkara yang diperbanyak : 1. Da’wah Illallah 2. Ta’lim Wata’alum … Lanjutkan membaca 28 Ushul Dakwah
  • Hikmah Dibalik Bilangan 3 Hari - Allah SWT berfirman : Berkata Zakariya: “Berilah aku suatu tanda (bahwa isteriku telah mengandung).” Allah berfirman: “Tandanya bagimu, kamu tidak dapat berkata-kata dengan manusia SELAMA TIGA HARI, kecuali dengan isyarat. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari.” (QS. Ali ‘Imran 41) Setelah Zakaria mendengar jawaban itu dari malaikat Jibril … Lanjutkan membaca Hikmah Dibalik Bilangan 3 Hari
  • Nafi Isbat - Nafi isbat adalah menafikan makhluk dan mengisbatkan hanya kepada Allah. Tujuannya untuk membersihkan iman kita dari keyakinan yang salah sehingga hati kita benar-benar bersih. Nafi isbat diibaratkan seperti mengibaskan sajadah sehingga semua debu yang menempel pada sajadah tersebut lenyap tidak tersisa. Begitu juga nafi isbat akan melenyapkan keyakinan-keyakinan kepada selain Allah sehingga hati kita menjadi … Lanjutkan membaca Nafi Isbat
  • Kalam Dakwah - Kejayaan, kebahagiaan, kemuliaan, dan kesuksesan makhluk ada dalam kekuasaan Allah SWT. Allah yang menciptakan. Allah yang memelihara. Allah yang memberi rizki. Allah menciptakan suasana dan keadaan. Allah menciptakan sesuatu dengan kudrat dan iradat Nya tanpa bantuan makhluk. Segala yang nampak ataupun yang tidak nampak berasal dari khazanah Allah. Untuk kejayaan, kebahagiaan, kemuliaan, dan keselamatan umat … Lanjutkan membaca Kalam Dakwah
  • Kesempurnaan Iman Vs Khadam Jin - Banyak orang yang bersusah payah tirakat dengan tujuan ingin mempunyai Khadam Jin sehingga -layaknya cerita Aladin- semua hajatnya akan dibantu oleh Jin tersebut. Tetapi tatkala kanjeng Nabi Ibrahim AS beliau akan dilempar ke dalam api besar oleh Namrud alaihil La’nah, beliau ditawari bantuan oleh Jibril, penghulu segala Malaikat (bukan cuma Jin!), agar beliau selamat dari … Lanjutkan membaca Kesempurnaan Iman Vs Khadam Jin
  • Sang Pemberi Syafaat - Biodata manusia termulia dijagad raya: NABI MUHAMMAD Shallallahu alaihi wassalam GELAR: 1. Rasulullah, 2. An-Nabi, 3. Khatamul Anbiya wal Mursalin, 3. Al-Mustafa, 4. Al-Amin, 5. Shalallahu alaihi wa Sallam (Salawat dari Allah &̸ salam atasnya) KUNYAH: Abal Qasim NAMA: Muhammad Bin Abdulloh NASAB:
  • Hidayah Ya Allah - Hidayah Ya Allah Aamiin
  • Bayan Hidayah Rasulullah kepada Sahabat - Bayan Hidayah Rasulullah sebelum memberangkatkan rombongan Dakwah sahabat Dari Abdurrahman bin A’id ra, dia berkata, “Adalah Rasulullah saw apabila hendak mengirimkan pasukan, maka Beliau memberi nasehat, ‘Bersikap lembut dan sayanglah kepada orang-orang! Jangan menyerang mereka sebelum kalian BERDAKWAH kepada mereka, dan janganlah menghancurkan rumah-rumah mereka! Jangan biarkan satu orang penghuni rumah pun yang ada di … Lanjutkan membaca Bayan Hidayah Rasulullah kepada Sahabat
  • Mudzakarah Ummat Nabi - Muzakaroh ummat nabi 1. Alhamdulillaah Kita ummat nabi, ummat yang satu ummat yang terbaik, yang dikeluarkan ditengah-tengah manusia dengan tanggung jawab amar ma’ruf nahi mungkar. ( q.s ali imran : 110 ) 2. Masyaallah
  • Motivasi tahajud - Motivasi tahajud. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam tidak pernah meninggalkan sholat tahajud semalam pun termasuk saat beliau sakit. Termasuk juga para sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam walaupun sudah sangat sepuh, tapi tetap melaksanakan Sholat Tahajud.
  • Fiqih Khuruj 40hari 4bulan Bukan Bidah - FIQIH Keluar 3 Hari, 40 Hari dan 4 Bulan BUKAN BID’AH (DHOLALAH) Mereka berkata, khurujnya ahli dakwah selama 3 hari, 40 hari atau 4 bulan adalah bid’ah, sebab Nabi sallallahu alaihi wasallam dan para shahabatnya tidak pernah melakukannya, para tabiin dan juga para imam-imam ! Khuruj 3 hari, 40 hari dan 4 bulan Entah apa … Lanjutkan membaca Fiqih Khuruj 40hari 4bulan Bukan Bidah
  • Mudzakarah Dakwah Tabligh - Penting!!! Untuk diketahui seluruh Ummat Islam Dakwah dan Tabligh adalah kerja Para Nabi dan Rasul serta Ummat Muhammad shallallahu alaihi wassalam. Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillah washsholatu wassalamu ala rasulillah Lahawala wala quwwata illa billah. Al-qur’an dan hadits turun dalam suasana dakwah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam dan Shahabat, sehingga dikatakan Al-qur’an dan Hadits adalah kalam dakwah. Alqur’an … Lanjutkan membaca Mudzakarah Dakwah Tabligh
  • Berlomba lombalah dalam kebaikan -
  • Azaz Dakwah Wali Songo - Azaz Dakwah Wali songo Dari KH Mukhlisun ponpes Sirojulmukhlisin, Payaman – Magelang Jawa tengah, Indonesia (madzab syafei, sunni, keturunan sunan kalijaga) Wasiat sunan kalijaga dalam kitabnya : “Yen wis tibo titiwancine kali-kali ilang kedunge, pasar ilang kumandange, wong wadon ilang wirange mangka enggal – enggala tapa lelana njlajah desa milang kori patang sasi aja ngasik … Lanjutkan membaca Azaz Dakwah Wali Songo
  • Muhammadiyah NU dan Jamaah Tabligh - Semasa belajar di Mekkah, KH Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyyah, bersahabat dengan Maulana Muhammad Ilyas, pendiri Jamaah Tabligh – gerakan dakwah mendunia yang berpusat di New Delhi India. Demikian ditulis oleh Zaim Uchrowi dalam bukunya Authorized Biography “Muhammad Amien Rais Memimpin dengan Ruhani Ruhani (cetakan ke III, Juni 2004 hal 160).
  • Kumpulan Nasehat Orang Orang Sholeh - Kumpulan Nasehat Orang Orang Sholeh 001. Imam al-Hasan berkata: “Siapakah antara kita yang telah melaksanakan segala yang diserukannya? Syaitan amat menyukai jika manusia terpedaya dengan sikap ini sehingga akhirnya tidak ada sesiapa pun yang mahu mengajak kepada yang makruf dan mencegah kemungkaran.” (Al-Jami’ li Ahkamil Qur’an: 1/367, Al-Qurthubi) 002. Imam Said bin Jubair berkata: “Jika … Lanjutkan membaca Kumpulan Nasehat Orang Orang Sholeh
  • Kisah Orang Lama Mewat Saat Bayan Di Hadapan Seluruh Ulama India - Kisah ini terjadi pada ijtima’ Bhopal – India pada tahun 1940-an. Maulana Muhammad Ilyas Khandahlawi (Amir jamaah pada saat itu) telah memutuskan seorang (meiji) yang buat usaha dakwah dari mewat untuk bayan maghrib saat ijtima’ tersebut. Seseorang yang telah ditunjuk tadi menjumpai kembali Maulana Ilyas dan memberitahu bahwa beliau tidak bersedia dengan alasan beliau adalah … Lanjutkan membaca Kisah Orang Lama Mewat Saat Bayan Di Hadapan Seluruh Ulama India
  • Dakwah Tabligh Tanggung Jawab Siapa - Dakwah Tabligh Tanggung Jawab Siapa. Terdapat beberapa penyebab kelalaian kita terhadap kewajiban yang sangat penting ini, yaitu : Pertama: Kita sering menganggap bahwa kewajiban amar ma’ruf nahi mungkar hanyalah tanggung jawab alim ulama. Padahal, yang dituju oleh Allah di dalam Al-Quran adalah secara umum mutlak kepada setiap umat Muhammad saw.. Dan kehidupan para sahabat r.a. … Lanjutkan membaca Dakwah Tabligh Tanggung Jawab Siapa
  • Menjawab Tuduhan Salafi Wahabi Tentang Jamaah Tabligh - Segala puji bagi Allah Tuhan Pemelihara Seluruh Alam, Salawat dan Salam semoga tetap dilimpahkan kepada sebaik-baik Nabi Rasul Muhammad SAW dan seluruh pengikutnya sampai hari pembalasan. Selanjutnya, kalau anda belum pernah melihat seseorang, atau kelompok/jama’ah dari dekat, dengan bersahabat atau dengan partisipasi, anda tidak dapat menghukuminya dengan pandangan yang benar. Sebab sudab jelas bahwa apa … Lanjutkan membaca Menjawab Tuduhan Salafi Wahabi Tentang Jamaah Tabligh
  • Hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam Mengenai India - 1. SAAT NABI ADAM AS. DI USIR DARI SURGA, MAKA ALLAH SWT TELAH TURUNKAN BELIAU DI BUMI INDIA : Dari Qatadah ra, beliau berkata bahwa Allah swt meletakkan Baitullah (di bumi) bersama Nabi Adam as. Allah swt telah menurunkan Nabi Adam as di bumi dan tempat di turunkannya adalah di tanah INDIA. Dan dalam keadaan … Lanjutkan membaca Hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam Mengenai India
  • Apa hukum khuruj yang dilakukan oleh kelompok Jamaah Tabligh? - Memperhatikan permintaan fatwa No. 1201 tahun 2005, yang berisi: Apa hukum khuruj yang dilakukan oleh kelompok Jamaah Tablig? Apakah perbuatan itu termasuk bid’ah? Jawaban (Mufti Agung Prof. Dr. Ali Jum’ah Muhammad)
  • Mutiara Nasehat Maulana Zakariya Al Kandahlawi, rah.a - Dalam bab ini saya ingin membahas tentang masalah khusus, karena pada zaman ini orang-orang pada umumnya telah melalaikan usaha tabligh. Begitu dalam diri sebagian manusia terdapat suatu penyakit, yaitu orang yang memberi nasihat agama, ceramah, tulisan, ta’lim atau tabligh kepada orang lain, maka yang terpikir olehnya adalah orang lain, sedangkan dirinya sendiri terlupakan. Padahal, meskipun … Lanjutkan membaca Mutiara Nasehat Maulana Zakariya Al Kandahlawi, rah.a
  • Kemunduran Umat Islam dan Cara Memperbaikinya - Lebih dari 1350 tahun yang lalu, ketika dunia ini telah dipenuhi oleh kekufuran, kegelapan, kebodohan, dan kejahilan, maka dari balik pegunungan Batha (Makkah) memancarlah nur hidayah yang menembus daerah Timur, Barat, Utara, Selatan, sehingga seluruh penjuru dunia disinari dengan nur hidayah tersebut. Hanya dalam waktu singkat, yaitu selama 23 tahun, Nabi Muhammad saw. dapat membawa … Lanjutkan membaca Kemunduran Umat Islam dan Cara Memperbaikinya
  • 13 Sifat Dai - 13 Sifat Da’i dalam buat Usaha Dakwah : 1. Mahabbah kepada semua makhluk 2. Rela berkorban untuk agama baik waktu, diri, dan harta 3. Niat ishlah diri 4. Mencari Ridho Allah 5. Istighfar setelah beramal 6. Tabah dalam menghadapi segala ujian 7. Menisbatkan diri hanya kepada Allah 8. Tidak putus asa terhadap segala kegagalan 9. … Lanjutkan membaca 13 Sifat Dai
  • Fatwa Ulama Tentang Jamaah Tabligh - FATWA ULAMA TENTANG JAMAAH TABLIGH 1. Fatwa Darul Uloom Trinidad and Tobago tentang Jamaah Tabligh Mengenai banyak diskusi tentang Dawah dan Tabligh atau Jamaah Tabligh, banyak cendekiawan dan lainnya seperti Dr Zakir Naik dan ulama lainnya mengkritik dan mengatakan itu adalah bidah untuk berpartisipasi dalam Dawah dan Tabligh, dari mana mereka mendapatkan pandangan-pandangan seperti ini … Lanjutkan membaca Fatwa Ulama Tentang Jamaah Tabligh
  • Membongkar Kesesatan Jamaah Tabligh - Syeikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi ialah seorang ulama Madinah terkenal yang mengajar di Universiti Islam Madinah. Beliau dilahirkan di Algeria pada tahun 1921. Ketika umurnya lebih kurang satu tahun, ayahnya telah meninggal dunia. Ibunya seorang yang soleh yang unggul dalam mendidik anak berdasarkan panduan Islam. Beliau belajar al-Quran ketika beliau masih kanak-kanak saat umurnya dua … Lanjutkan membaca Membongkar Kesesatan Jamaah Tabligh
  • Masail dan Fadhail - Masail itu jasad Fadhail itu nyawa. Kalau ada jasad tapi tidak ada nyawa namanya bangkai, tidak bisa bergerak Kalau ada nyawa tapi tidak ada jasad namanya hantu, geraknya menakutkan. Maka itu jasad dan nyawa tidak dapat dipisahkan Masail adalah jasad, ilmu tatacara melakukan amal Fadhail adalah nyawa, motor untuk menggerakkan amal Walaupun tahu ilmunya tapi … Lanjutkan membaca Masail dan Fadhail
  • Keperluan hidup manusia - Keperluan hidup manusia adalah : 1. Makan Minum 2. Rumah 3. Kendaraan 4. Pakaian 5. Pernikahan Para sahabat Nabi keperluannya rendah tetapi maksud hidup tinggi. Sementara kita memiliki keperluan tinggi tetapi maksud hidupnya rendah. Keseharian kita hanya memikirkan bagaimana mendapatkan keperluan, tetapi para sahabat berpikir untuk selalu mengorbankan keperluan untuk mendapatkan maksud hidup. Perbedaan orang … Lanjutkan membaca Keperluan hidup manusia
  • Jamaah Jalan Kaki - Utk cepat sampai ketujuan memang dgn kendaraan Utk cepat sampai kpd Allah dgn berjalan kaki (Bayan Masyaikh) Tertib Jama’ah Jalan Kaki MAKSUD DAN TUJUAN 1. Mencari keridhoan Allah SWT 2. Untuk menghidupkan amal masjid di daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh jamah biasa, supaya ada suasana agama 3. Untuk mengurangi kemurkaan Allah SWT dan mempercepat turunnya … Lanjutkan membaca Jamaah Jalan Kaki
  • Pentingnya menghidupkan Amal Maqomi - Tujuan menghidupkan amal Maqomi adalah bagaimana kita bisa menghidupkan suasana agama di lingkungan masjid kita. Terutama bagi yang pulang dari Khuruj Fissabillillah penting bagi mereka menghidupkan amal maqomi untuk menjaga dan memelihara keimanan mereka. Jadi tujuan dari membuat amal maqomi bukan untuk merubah lingkungan tetapi untuk mewarnai lingkungan yaitu lingkungan yang hidup dengan amal agama. … Lanjutkan membaca Pentingnya menghidupkan Amal Maqomi
  • Maka Allah Menjaga Mereka - Mereka Menjaga Agama Allah Maka Allah Menjaga Mereka Allah Kuasa Makhluk Tak Kuasa Laa Ilaaha IllAllah  
  • Pentingnya Mengeluarkan Rombongan Dakwah - Imam Malik rahmatullah ‘alaih berkata “Tidak ada cara yang terbaik dalam memperbaiki Ummat saat ini selain cara yang digunakan Rasullullah shallallahu ‘alaihi wasallam pada kurun waktu awal Islam” Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memperbaiki ummat yaitu dengan cara berdakwah, yaitu mengenalkan agama kepada manusia. Hanya dengan adanya dakwah, ummat dapat mengenal kepada Allah dan manfaat daripada … Lanjutkan membaca Pentingnya Mengeluarkan Rombongan Dakwah
  • Khawarij artinya orang-orang yang keluar dari Islam - “Hai Muhammad, berlaku adillah!“, kata seorang Khawarij. Nabi SAW bersabda: “Celaka engkau! Siapa lagi yang bertindak adil, bila aku tidak adil?” (Shahih Muslim No.1761) Ciri Khawarij ini adalah gemar membaca Al Qur’an, mengaku pembela Islam, namun tidak mengamalkannya. Dia datangi ummat Islam dgn pedang sambil menuduh ummat Islam melakukan Syirik. Padahal yang dilakukan Nabi adalah … Lanjutkan membaca Khawarij artinya orang-orang yang keluar dari Islam
  • Dalil Shahih Enam Sifat Sahabat - Mudzakarah 6 Sifat Sahabat Sesungguhnya Allah SWT meletakkan kesuksesan dan kebahagiaan hidup manusia di dunia dan akhirat hanyalah pada agama Islam yang sempurna. Agama Islam yang sempurna adalah agama yang dibawa oleh Rasululloh shallallahu alaihi wassalam.Meliputi Iman, Ibadah, Muamalah, Muasyarat dan Ahlaq. Pada saat ini umat islam tidak ada kekuatan dan kemampuan untuk mengamalkan agama … Lanjutkan membaca Dalil Shahih Enam Sifat Sahabat
  • Susunan Sanad Maulana Ilyas Al Kandahlawi - SILSILAH USAHA DAKWAH DAN TABLIGH (SHAHIH, ADA SANAD DARI MAULANA ILYAS SAMPAI RASULULLAH SAW) Usaha dakwah dan tabligh ialah satu usaha yang sangat mulia. Ia bukanlah satu gerakan, persatuan maupun jamaah tabligh` kerana usaha ini telah dibuat oleh para anbiyaa`(Nabi) alaihish shollatu wassalam yang telah dihantar oleh Allah subhanahu wata’ala sebanyak 124.000 yaitu mengajak manusia … Lanjutkan membaca Susunan Sanad Maulana Ilyas Al Kandahlawi
  • Alasan Tidak Mengamalkan Agama - Alasan Tidak Amal Agama Ada orang kaya mengadu pada Allah tidak bisa mengamalkan agama dengan alasan karena disibukkan oleh kekayaannya. Lalu Allah berkata, “HambaKu Sulaiman AS lebih kaya dan lebih sibuk dari kamu, tetapi kekayaan dan kesibukkannya tidak membuat dia lalai dari perintahKu.” Ada orang sakit yang mengadu pada Allah tidak dapat mengamalkan agama dengan … Lanjutkan membaca Alasan Tidak Mengamalkan Agama
  • Baiti Jannati. Rumahku Surgaku - Manusia yang wujud amal-amal agama dalam dirinya, maka Allah akan hadirkan rasa penghuni surga dalam kehidupannya. Sebagimana Nabi shallallahu alaihi wassalam setiap pulang kerumahnya selalu berkata “ Bayyiti Jannati, rumahku surgaku”. Ini karena Nabi shallallahu alaihi wassalam dalam kehidupannya hidup amal-amal agama, walaupun dari segi kebendaan kehidupan Nabi terlihat miskin. Ciri-ciri ahli surga ini jika … Lanjutkan membaca Baiti Jannati. Rumahku Surgaku
  • Fikir Bagaimana Akhirat Saya Menjadi Baik - Asas-asas Usaha Dakwah Ustadz Muhammad Qosim At-Timori menukilkan asas-asas usaha dakwah seperti yang terdapat di dalam buku Panduan Khuruj Fi Sabilillah; cetakan pertama 1. Usaha melalui individu atau usaha berjamaah dan bukan usaha ijtima besar-besaran. Usaha dakwah ini tidak mengandalkan bayan atau ceramah atau kefasihan dalam berbicara akan tetapi kerja, zuhud. Inilah usaha yang mesti … Lanjutkan membaca Fikir Bagaimana Akhirat Saya Menjadi Baik
  • Fadhilah Keutamaan Tabligh Menyampaikan Agama - Fadhilah dakwah dan tabligh 1. Umat Tebaik Firman Allah, “Kamu adalah umat terbaik dikeluarkan untuk segenap manusia, menyuruh orang berbuat makruf dan mencegah perbuatan mungkar serta beriman kepada Allah.” (Ali Imran: 110) 2. Saksi Atas Segenap Umat Manusia Firman Allah, “Demikianlah Lami jadikan kamu suatu umat yang adil dan pilihan supaya kamumenjadi saksi atas segenap … Lanjutkan membaca Fadhilah Keutamaan Tabligh Menyampaikan Agama
  • Pentingnya Amar Maruf Nahi Mungkar - Akibat tidak melaksanakan amar ma`ruf nahi mungkar Firman Allah Subhanahu Wa Ta`ala:“Dan peliharalah dirimu dari siksa yang tidak saja akan menimpa orang yang zholim diantara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksanya.” (QS. Al-Anfal 25)
  • Ahlul Sunnah Wal Jamaah Tabligh - Ada seorang teman menulis status sbb: “Jama’ah Tabligh, ahlussunnah wal jama’ah kan?” Kalau saya boleh bertanya, saya akan bertanya balik kepada beliau: “Jamaah Haji, ahlussunnah wal jama’ah kan?” “Jamaah Sholat, ahlussunnah wal jama’ah kan?” Dengan pertanyaan saya itu saya berharap seketika beliau menyadari bahwa Jamaah Tabligh bukan seperti yang beliau sangkakan. Ya. Jamaah Tabligh adalah … Lanjutkan membaca Ahlul Sunnah Wal Jamaah Tabligh

4 thoughts on “Dalil Shahih Enam Sifat Sahabat

  1. Sekira nya seseorg itu belum pernah keluar mujahadah di Jalan Allah adalah amat mustahil utk memahami enam sifat parasahabat ini.
    Ada nya Ilmu berbeza dgn ada nya kefahaman Ilmu itu sendiri dan setiap Ilmu taarif nya ada lah di atas landasan Sunnah Sunnah Nabi saw.
    Selagi Sunnah itu menjadi sunnat sahaja maka adalah satu kerugian yg amat besar dlm konteks Ibadat mahu pun Iman yg sohih. Wallahuakhllam.

    Suka

Silahkan Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s