Tips Umroh dan Haji Hemat

Tips Umroh dan Haji Hemat. Ada satu hal yang paling mendasar yang membedakan perjalanan Umroh dengan perjalanan wisata lain, satu hal yang menentukan sukses atau tidaknya perjalanan ini, hal ini merupakan hal yang sama yang dapat menjadikan semua amal kita, baik solat, puasa, zakat, menjadi sia – sia, dialah NIAT.

Betapa tidak, kalau kita bertamasya ke bali atau Singapore… kita akan mengatakan perjalanan kita sukses manakala semua teknis perjalananya lancar dan kita pulang dengan senyuman. Pesawat tidak delay, hotelnya nyaman, cuaca mendukung, intinya semua berjalan sesuai rencana, atau malah ada kejutan – kejutan yang menyenangkan.

Lain halnya dengan Umroh dan Haji, perbedaan antara perjalanan umroh dengan perjalanan ke Bali atau Singapore bagai langit dan sumur, siang dan malam, dunia dan akhirat. Karena semuanya kembali lagi ke NIAT. Ketika seseorang mempersiapkan diri untuk menuju ke baitullah, dia sedang mempersiapkan diri untuk menyerahkan diri kepada rabbnya, berusaha mentaati semua perintahnya walau harus melewati gunung, menyebrangi lautan. Dan ketika dia sudah mengikhlaskan segala daya upayanya untuk menggapai rido ilahi, apapun yang terjadi padanya merupakan kebaikan yang Allah curahkan baginya. Sebagaimana sabda Rasululllah Solallohu Alaihi wa salam, “sungguh aneh perkara seorang muslim, semua yang menimpanya adalah kebaikan, jika ia tertimpa kenikmatan dia bersyukur, maka hal itu adalah baik baginya, jika ia tertimpa kesulitan dia bersabar, maka hal itu baik baginya”. Ketika seseorang memahami hadits ini maka ia akan memiliki mental baja terhadap apapun yang akan terjadi sepanjang perjalanan.

Ketika seorang jamaah umroh sudah menginternalisasikan arti dari niat, maka semua hal yang biasanya dianggap penting dalam sebuah perjalanan wisata menjadi tidak ada artinya. Seperti Hotel yang mewah, pelayanan penerbangan yang bintang lima, makanan yang standar hotel, bus yang vip. Semua itu sebenarnya tidak ada artinya. Dan sebenarnya juga para jamaah tidak pernah menuntut banyak akan hal – hal yang tidak penting tadi. Yang selama ini berlomba memanjakan para tamu Allah adalah para Biro Perjalanan Wisata. Dan saya juga tidak menyalahkan sepeuhnya biro perjalanan wisata yang sudah melakukan itu, karena ya…. Mereka adalaha perusahaan jasa WISATA… kata WISATA juga digunakan untuk jalan – jalan ke bali dan Singapore, jadi wajarlah kalau dalam benak biro perjalanan wisata fasilitas itu penting. Mungkin seharusnya untuk haji dan umroh diselenggarakan oleh Biro Perjalanan IBADAH J, jadi yang difokuskan adalah hal – hal yang berhubungan dengan diterima atau tidaknya ibadah seseorang.

Dari sisi ekonomi cara berfikir yang saya utarakan di atas tadi punya dampak yang sangat luar biasa. Ini berarti yang harus menjadi fokus utama dalam sebuah paket perjalanan umroh adalah bagaimana ibadah di tanah suci. Bukan apa maskapai pesawatnya, rute yang dilaluinya, kelas hotelnya, kelezatan makanan yang disantap sehari hari, semua itu tidak memengaruhi penilaian Allah terhadap ibadah kita. Orang yang tinggal di hotel sederhana jauh dari masjidil haram akan mendapatkan ganjaran yang sama, atau bahkan lebih, dibanding orang yang tinggal di kamar suite yang punya pemandangan langsung ke kabah di samping masjidil haram. Orang yang berangkat naik pesawat garuda first class tidak lebih baik dari orang yang naik pesawat India dan transit di banyak tempat.

Jadi Subhanallah… betapa mudahnya agama ini. Dari perhitungan dan pengalaman saya memberangkatkan ratusan orang setiap tahun dengan paket umroh backpacker, ketika kita fokus kepada ibadah, dan para jamaah sangat memahami hal itu, kita bisa menghemat sampai 40% biaya perjalanan umroh. Paket umroh “murah” yang biasa ditawarkan travel haji dan umroh berkisar antara Rp. 15jt – Rp.17jt, sedangkan paket umroh backpacker yang diluncurkan MENARA WISATA bisa memberangkatkan umroh dengan biaya bawah Rp.10 juta !! Ya.. anda tidak salah baca..Rp.10 juta sudah termasuk tiket PP, hotel, bus,ziarah, guide, air zamzam, dan kenangan tak terlupakan di baitullah.

Begitu besar dampak dari niat seseorang bukan hanya di hadapan Allah di akhirat nanti, tapi di dunia ini juga. Jadi ketika kita berazzam untuk memenuhi panggilan Allah ke baitullah pikirkan kembali apa niat kita berangkat ke sana ? dan untuk mewujudkan niat itu apa yang diperlukan? Apakah memang urgent untuk tinggal di hotel bintang lima dan naik pesawat mewah ? atau kita ke sana dengan penuh rasa khusyuk dan tawadhu meninggalkan kemewahan di tanah air?

Pikirkan kembali dan tancapkan kembali niat kita, karena ketika kita berangkat dengan semangat berjuang bukan senang – senang, maka menjadi tamu Allah akan jauh lebih murah, mudah dan tidak akan sesulit yang kita bayangkan.

Musuh budget backpacker ke manapun tujuannya adalah TIKET. sering kali lebih mahal untuk duduk dalam pesawat yang sempit gak bisa selonjoran berawakkan pramugari jutek selama 8 jam, daripada tidur di kamar yang nyaman dan beribadah dengan khusyuk di tanah suci selama delapan hari.

Dalam paket umrah “murah” yang diluncurkan banyak travel umroh dan haji di tahun 2013 ini menganggarkan harga tiket paling tidak $1100 untuk penerbangan selain garuda, seperti saudia, Qatar air, ettihad, lion air, dsb. Dan $1300 untuk Garuda. Sebenernya saya punya rasa bangga bercampur miris melihat harga tiket Garuda yang demikian tinggi. Bangga karena ternyata Garuda Indonesia mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri, orang – orang bangga naik garuda (terutama ketika umroh) bukan saja karena ini maskapai yang 100% Indonesia, tapi juga karena pelayanannya yang sudah diakui lebih baik ketibang maskapai lain yang punya tujuan ke Jeddah, buktinya penerbangan Garuda ke Jeddah yang 2x sehari setiap hari selalu full. Miris karena ternyata garuda mengambil kesempatan dari para tamu Allah untuk mengambil keuntungan jauh di atas kewajaran. Bisa kita lihat dari tiket garuda ke Amsterdam yang berdurasi belasan jam bisa dijual di harga $ 756 pp, jauh lebih mahal daripada tiket ke Jeddah yang hanya 9 jam yang dijual $1270 pp. Saya berharap para pengambil keputusan di Garuda bisa membuka nurani untuk mengambil keuntungan sewajarnya saja, apalagi untuk para tamu Allah ini.

Dalam dunia perdagangan tiket pesawat ada anomali yang tidak ditemukan di komoditas lain. Kalau kita beli beras misalnya, harga satu liter besar pasti lebih mahal disbanding harga satu karung, dan harga satu karung beras pasti lebih mahal daripada harga satu ton beras, harga eceran lebih mahal ketibang harga grosir. Tapi untuk tiket pesawat hal ini tidak berlaku. Seringkali harga tiket group jauh lebih mahal dibanding harga tiket perseorangan. Dan hampir semua travel umrah dan haji bisa dipastikan membeli tiket group, karena tiket group memberi kepastian ketersediaan, waktu keberangkatan, dan yang paling penting harga. Sehingga biro perjalanan haji dan umrah bisa menyusun jadwal keberangkatan tiap musim dan harga paket yang akan dikeluarkan.

Kalau membeli semakin banyak tiket tidak semakin murah, jadi bagaimana caranya mendapatkan tiket murah ? Jawabnya adalah sama seperti ketikan kita mencari tiket murah untuk pulang kampung, beli jauuuuhh – jaaauuuuuuhh hari sebelum keberangkatan. Namun timbul pertanyaan lagi, lalu bagaimana MENARA WISATA memberikan kepastian waktu, ketersediaan, dan harga yang biasa diberikan travel haji umrah lainnya? Di sinilah rahasia paket umrah murah backpacker MENARA WISATA, kami melakukan satu hal yang tidak pernah terfikirkan untuk dilakukan biro haji umrah lainnya. Dalam menentukan harga, kami menjelaskan secara transparan berapa saja komponen biaya yang harus dibayar oleh jamaah, setelah ditotal kami meminta sedikit arrangement fee, yah ngikutin dagangnya rasululloh yang terus terang memberitahu harga modal berapa dan keuntungan yang diambil berapa. Jadi semakin jauh hari jamaah kami membeli tiket semakin murah harganya, semakin dekat semakin mahal. Untuk mendapatkan tiket murah kami menyarankan minimal 3 bulan sebelum keberangkatan tiket sudah dibeli.

Selain waktu pembelian tiket yang jauh sebelum jadwal umroh, hal lain yang dilakukan menara wisata adalah mencari alternative rute yang memberikan harga termurah. Biasanya rute ini amat jarang, bahkan tidak pernah, dipakai travel umrah dan haji. Salah satu rute andalan kami adalah via Singapore dan Mumbai. Dengan rute ini tiket yang biasanya seharga $1100 bisa kami dapatkan hanya dengan harga $700. Namun ada satu catatan kecil, dengan rute ini perjalanan yang biasa hanya 9 jam dengan penerbangan langsung, menjadi 2 hari dengan 2 kali transit ini, terutama transit di Mumbai yang antara 17 – 20 jam. Sehingga kembali lagi kita lihat niat kita, kl memang kita ke baitullah punya semangat berjuang, 17 – 20 jam menunggu di bandara itu tidak ada apa apanya. Atau kalau mungkin jamaah bersedia mengeluarkan ekstra Rp. 1jt untuk hotel dan city tour Mumbai, akan mendapatkan pengalaman baru tak terlupakan keliling India.

Jadi sebenarnya paket umroh murah backpacker MENARA WISATA sangat fleksibel dan cocok untuk berbagai tipe jamaah. Untuk yang ingin hemat jelas sangat cocok karena harganya luar biasa murah. Bagi yang ingin petualangan juga cocok karena selain ke tanah suci kita juga berkesematan mengunjungi Singapore dan India.

Masih seputar trik bagaimana mencari tiket murah, tiket pesawat merupakan satu – satunya komponen biaya yang paling ter mahal banget … oleh karena itu kita perlu sebanyak –banyaknya cara untuk mendapatkan tiket yang lebih murah. Dan dunia penerbangan adalah dunia yang sangat dinamis, belum tentu trik yang saat ini sangat mujarab dalam mendapatkan tiket murah masih bisa bermanfaat 2 atau 3 tahun lagi. Jadi MENARA WISATA yang memiliki visi dan fokus sebagai penyelenggara Umroh dan Haji termurah harus selalu mencari jalan tikus untuk mendapatkan tiket dengan harga terbaik, atau karena kita sedang membahas tiket ke jazirah arab mungkin lebih cocok kl dibilang mencari “jalan unta” untuk mendapatkan tiket termurah.

Selain membeli jauh – jauh hari, yang sudah saya jelaskan di artiket sebelumnya, ada satu lagi cara mendapatkan tiket murah, yaitu cari jalur yang tidak biasa dipakai orang Umroh. Memang dalam mencari peluang kita harus selalu dituntut untuk berfikir out of the box, tak terkekcuali dalam mencari peluang tiket murah. Kenapa saya katakan kita harus mencari rute yang tidak biasa dipakai orang umrah? Karena entah mengapa sepertinya semua airlines yang memiliki destinasi ke Jeddah melihat jamaah umroh sebagai sapi perahan yang gemuk, sehat, sterek,subur, produktif, bisa diandalkan, sebuah asset yang sangat berharga. Tapi sayangnya walaupun asset yang berharga, karena dilihat sebagai sapi perah, yang pertama kali dilakukan ya….. diperah sehabis habisnya. Bahkan diisukan garuda pernah mengumpulkan seluruh airline timur tengah untuk membentuk kartel harga ke Jeddah, supaya tidak ada perang harga dan tiket bisa dijual semahal mungkin.

Bagi kebanyakan orang, bepergian ke Saudi Arabia memang identic dengan umroh saja, apalagi setelah pemberlakuan moratorium pengiriman TKI, praktis rute Jakarta Jeddah 90% diisi orang yang ingin menunaikan umroh yang jumlahnya mencapai tidak kurang dari 400 ribu orang per musim..!! (6 bulan) Dan itu hanya dari Indonesia belum dari Negara lain. Sebagian besar pesawat dari negera muslim yang menuju Jeddah bisa dipastikan jamaah umrah. Dan setiap kali yang diangkut adalah jamaah umroh, bisa dipastikan harga tketnya tidak rasional.

Dari kenyataan itu saya berfikir… hmmm.. berarti kalau mau cari tiket ke Jeddah yang harganya “waras” berarti harus berangkat dari negri yang non muslim, negri non muslim yang terdekat dari Indonesia adalah Singapore, Thailand, dan Filipina. Dan Subhanallah..!! ternyata memang betul.. tiket dari Negara – Negara itu emang murah.. Cuma masalahnya tiket jakarta Bangkok ternyata lumayan mahal.. dan tiket ke manila selain mahal, jumlah penerbangannya sangat jarang… jadi tinggal alternative yang ideal adalah negri Singa ikan.. Singapore.

Singapore merupakan hub penerbangan internasional, jadi ada lebih banyak alternative rute yang bisa kita tempuh, dan juga penerbangan yang berangkat dari Jakarta ke Singapore udah kayak naik cipaganti ke bandung… tiap setengah jam ada pesawat yang berangkat. Jadi pelajaran yang bisa kita ambil adalah… berangkatlah dari Singapore.

Setelah kita tahu harus mulai perjalanan dari mana, saya kepikiran lagi… kalo kita jalan – jalan naik pesawat dan mau yang murah, pasti harga tiket yang pertama kali kita cari adalah harga tiket low cost carrier macam air asia, lion air, tiger air dkk. Trus kalau ke arab kenapa enggak ? walaupun jarak Jakarta Jeddah 9x lebih jauh dibanding Jakarta Surabaya, tapi kita masih bisa pake lowcost airline asalkan mau sambung menyambung. Nah yang jadi pertanyaan kita mau nyambung di mana nih? Setelah ngintip ke peta dunia, ternayata pas di tengah – tengah rute Jakarta Jeddah kita melewati negri besar yang namanya India. Dan ternayata banyak budget airlines yang berasal dari India, kayak indigo, jet connect, kingfisher, dkk. Bahkan ada juga budget airline yang berbasis di singpore dan kulalumpur yang punya destinasi india, kayak airasia, tiger air, silk air, dan hebatnya lagi airline itu punya tujuan ke kota – kota di Indonesia, jadi kita gak perlu terlalu banyak ganti air line untuk sampe india, cukup satu tiket untuk sampe ke sana.

Setelah sampe India ada banyak lowcost carrier asal timur timur tengah yang bisa kita tumpangi, kayak fly dubai, air Arabia, nas air, rak airways,dkk. Atau lowcost carrier india yang saya sebutkan lebih awal. Emang sih sambung – menyambung ini rada repot, terutama ketika flightnya gak langsung connect, kita harus 2 – 3 kali transit dengan masa transit antara 3 – 13 jam..!! phew..!! lumayan tuh… dan kalau ada yang bertanya Tanya berapa sih yang bisa kita hemat dengan perjuangan itu ? jawabnya adalah antara $200 – $300. Jadi keputusan ada di tangan anda, penghematan segitu worthed gak dengan perjuangan menunggu di bandara?

Nah dari berbagai penelusuran dan percobaan tadi Menara Wisata dapet satu anak emas yang tiketnya bener – bener murah, namanya Jetairways. Tiket termurah yang pernah kami beli untuk paket umrah 2013 cuma Rp.4,9 jt..!! bandingkan dengan tiket yang biasa dipake travel haji umrah lainnya yang di kisaran $1.100 – $1.270 atau sekitar 10 – 12 jutaan. Jadi luar biasa kan? Emang sih jamaah masih harus transit 17 jam di Mumbai… tapi kalau emang niatnya ibadah, nunggu 17 jam mah gak ada apa apanya, atau kalau mau jalan – jalan keliling Mumbai juga bisa. Dan gak terlalu mahal.

Jadi inti dari penelitian, eksperimen, pencarian, dan ocehan saya di atas adalah, sejauh ini belum saya temukan tiket lebih murah dari Jetairways untuk tujuan ke Jeddah. Tinggal kita melipir sedikit ke tetangga sebelah, Singapura, kita dah bisa dapet tiket yang 40% lebih murah dari yang kita harus bayar dari Jakarta.

Kalau ada yang penasaran bagaimana kualitas pelayanan Jetairways dan bagaimana keadaan di bandara Mumbai, silakan lihat video yang dah saya upload di website Menara Wisata.

Setelah menulis 2 artikel yang menjelaskan panjang x lebar = luas gimana cara mencari tiket murah ke Jeddah dengan harga super murah, sebenernya saya mau lanjut ke tip mengurangi biaya – biaya lainnya. Tapi masih kepikiran ada satu hal lagi yang perlu saya bagi ke para calon tamu Allah berkaitan dengan masalah tiket ini, dan Insya Allah saya janji akan jelaskan seringkas mungkin.

Jadi kita sudah tau rute mana yang paling murah dan tiket pesawat apa yang paling ekonomis,tapi di mana sebaiknya kita membeli tiket ? apa di travel agent? Kantor perwakilan airline nya? Di agen tiket internet? atau di website si arline itu? Mari kita lihat satu per satu.

Travel agent pinggir jalan yang tersambung ke system abacus atau Amadeus emang salah satu tempat paling gampang beli tiket dan paling kecil resikonya, kalau ada perubahan jadwal atau apapun juga kita bisa minta tolong mereka untuk bantu, tapi biasanya untuk tiket internasional mereka mengambil margin cukup besar sekitar 8% dan tiket yang ada di system tadi jarang bisa memberi harga yang super murah. Jadi mungkin sekarang ada yang berpikiran supaya gak perlu mengeluarkan ekstra 8% buat bayar agen, beli tiket langsung ke pabriknya aja, ke sales office airline bersangkutan. Masalahnya adalah biasanya sales office airline tidak melayani tiket perorangan, mereka hanya melayani grup, dan kalaupun bisa melayani perorangan sering kali mereka malah memberi harga lebih mahal dari travel agent, karena mereka tetap mengenakan margin 8% supaya para agent mereka tidak protes, dan tidak pernah menurunkan margin itu, sebaliknya terkadang travel agent bersedia menurunkan margin, seperti ketika sedang mengadakan travel fair.

Sekarang kita coba lirik ke internet, ada banyak sekali kemudahan ketika kita mencari tiket via internet, kalau mencari secara offline mungkin kita perlu mendatangi puluhan travel agent untuk mendapatkan harga terbaik, dan di setiap agent kita perlu coba menanyakan satu per satu airline mana yang termurah dan untuk keberangkatan kapan. Kalaupun sudah dapet paling perbedaanya Cuma sedikit, capek banget kan? Nah kalau di internet kita bisa menggunakan fasilitas search engine khusus untuk tiket kaya Travelocity, expedia, chaepoair, edreams, dkk. Website – website itu bisa menscan seluruh system ticketing pesawat di seluruh dunia dan selain membandingkan pesawat apa yang termurah kita bisa juga membandingkan tanggal berapa aja keberangkatan dan kedatangan yang termurah, kalau masih gak nemu juga beberapa website bisa memberikan kita fasilitas price alert, jadi kalau kita memang punya kebebasan waktu berangkat, website itu akan mengirimkan kita email kalau tiba – tiba ada airline yang mengeluarkan program promo. Jadi kita bisa segera serbu itu tiket. dahsyat kan?

Jadi jelas dari pada kita datangi travel agent satu per satu atau berdesakan di travel fair cari itket murah, mending duduk 5 menit depan computer ketak ketik sedikit… dapet deh tiket murah. Setelah kita dapet tiket murah dari si website ada sedikit nasihat dan peringatan yang mau saya kasih. Banyak dari website itu selain search engine merupakan agent tiket juga, jadi mereka menawarkan untuk beli tiket dari mereka. Saran saya jangan pernah kita beli tiket di agent tiket online !! Soalnya ada beberapa resiko yang harus kita pertimbangkan, pertama website itu apa benar akan memberikan tiket valid? Jangan – jangan cuma hoax, dan kalau emang begitu kita gak bisa datengin kantornya dan gebrak mejanya… soalnya rata rata travel agent onlie kantornya di Amerkia atau Eropa, kecuali expedia yang kantornya di Singapore. Terus yang bakal repot lagi adalah ketika kita harus resechedule atau refund tiket, karena korespondensinya hanya via email, prosesnya amat sangat lambat sekali dan terkadang malah gak ditanggepin. Terus jadi kita harus bagaimana ?

Caranya adalah kita hanya pakai website tadi untuk cari airline mana yang termurah dan di tanggal apa, terus kita belinya di travel agent terdekat. Yaah.. habis manis sepah dibuang lah.. hehe.. Kan lebih hemat tenaga daripada minta mas – mas travel agent yang jaga cariin satu persatu semua airline di semua tanggal dan minta yang termurah. Atau yang lebih baik lagi adalah beli langsung di website airlinenya, biasanya mereka ada promo khusus pembelian tiket online, tapi untuk ini kita perlu credit card dengan limit yang cukup, terutama kalau mau pergi sekeluarga, kalau satu tiket aja seharga 7 juta, untuk sekeluarga 5 orang berarti perlu limit paling gak 35 juta.

Atau sebenernya ada cara yang lebih ampuh dan lebih simple, tinggal hubungi menara wisata di 021 444 33 222 kita akan bantu spenuhnya cita – cita untuk ke tanah suci dengan budget secukupnya. Toh paket umrah mewah sama paket umroh backpacker pahalanya sama kan ?

Setelah kita diingatkan kembali bahwa setiap perbuatan akan bergantung pada niatnya, baik ganjarannya di akhirat dan juga ongkos yang harus dikeluarkan di dunia, sebetulnya saya akan masuk ke tips – tips yang lebih konkrit yang memang bisa diukur berapa rupiah penghematan yang bisa kita capai dengan melakukan hal –hal tersebut, tapi sebelumnya saya merasa perlu untuk menjelaskan terlebih dahulu sebenarnya bagaimana struktur biaya sebuah Travel Umroh Haji dalam memberangkatkan jamaahnya , dengan demikian kita bisa mendapatkan pemahaman yang lebih menyeluruh tentang bagaimana berhemat ketika umroh. Dan karena itu juga saya tidak menamakan tulisan ini sebagai tips nomor 2, tapi tips nomor 1B, sebagai pengantar untuk tips – tips selanjutnya

Sebenarnya dalam tulisan ini saya akan membongkar kepada anda, jeroan dan segala “rahasia” travel haji dan umroh dalam membuat paket danm menentukan harga pasar. Asumsi yang saya pakai adalah dengan harga tahun 2013 dan paket standar yang biasa diluncurkan oleh ribuan biro perjalanan wisata di tanah air. Jadi sebenarnya setelah membaca rangkaian tulisan ini anda sudah dapat merangkai paket perjalanan sendiri dan mungkin juga buka biro perjalanan haji dan umroh sendiri J. Apa yang akan saya jelaskan juga akan sangat berguna bila kita mau meminta pihak travel haji dan umroh untuk membuatkan paket perjalanan yang custom made untuk kita, dan kita punya gambaran kita bisa menawar sampai level mana.

Sebagai orang awam kita hanya tau bahwa biaya untuk pergi ke tanah suci adalah harga yang tercantum di brosur – brosur travel haji dan umrah, untuk paket umroh hemat tahun 2013 rata – rata harga yang ditawarkan berkisar antara $1600 – $1900, sedangkan untuk paket vip biasanya $1900 – $ 2300, untuk paket plus Negara lain (Palestina, Turki, Mesir) berkisar antara $2200 – $2500. Namun yang jadi pertanyaan sekarang apakah memang segitu biaya riil yang harus dikeluarkan seseorang untuk menjadi tamu Allah ?

Dalam menghitung biaya untuk ke tanah suci, hal pertama yang harus kita keluarkan dari struktur harga adalah keuntungan travel umrah dan haji. Untuk paket hemat biasanya biro perjalnan umroh dan haji mengambil keuntungan $100 – $ 150 atau hanya sekitar 7 – 8 % dari harga. Margin yang diambil akan lebih besar lagi ketika paket yang dijual adalah paket premium bisa sekitar $200 – $300, begitu pula paket yang khusus berangkat dengan ustad atau tokoh tertentu, yang bikin mahal bukan karena pihak travel yang mengambil untung lebih, tapi karena biasanya sang ustad akan meneriam setoran sekitar $100 / jamaah di luar uang saku. Yah.. ustad kan juga manusia yang asap dapurnya harus terus ngebul… Tapi memang saya akui ada beberapa travel yang benar – benar “mengeksploitasi” karisma sang ustad hingga mengambil keuntungan di luar kewajaran sekitar $300 – $400.

Setelah mengeluarkan margin keuntungan travel haji dan umroh, sekarang kita akan lihat pengeluaran riil lainnya yang memang sangat besar. Perlu saya ingatkan lagi yang akan saya jelaskan adalah dengan asumsi harga paket umroh 2013 dan yang umum dijual oleh travel umroh dan haji. Tak diragukan pengeluaran terbesar untuk perjalanan umroh adalah tiket pesawat, rata – rata mencapai 60% dari total biaya, bahkan dalam paket tertentu bisa sampai 70%. Karena 60% uang yang kita bayarkan itu dipakai selama 10 jam perjalanan di udara, itu sebabnya kita lihat paket umroh 16 hari tidak jauh beda harganya dengan paket umroh standar 9 hari.

Kedua terbesar adalah hotel, sekitar 16% dari total biaya, hotel di makkah dengan kelas yang sama seperti madinah biasanya memiliki rate hamper dua kali lipat lebih mahal, sebagai contoh hotel bintang 4 berjarak 500m di mekah mematok harga 400 riyal per malam, sedangkan hotel dengan kelas yang sama di madinah hanya mematok harga 250 riyal. Para travel umroh dan haji biasanya menyiasati hali ini dengan menjadwalkan hari rabu – jumat (weekend di Saudi) menginap di madinah, sedangkan hari – hari lain baru boleh menginap di mekah. Karena penduduk local Saudi Arabia ketika weekend mereka berlibur ke Mekah, mungkin seperti warga Jakarta yang kalau libur memadati puncak dan bandung.

Pengeluaran besar selanjutnya adalah makanan/ konsumsi. Sekitar 8% dari budget, bahkan pada kasus tertentu bisa 18% dari budget, lebih mahal dari kamar hotelnya. Ini biasanya terjadi bila tempat makan yang diambil adalah restoran hotel bintang lima. Oleh karena itu biro perjalanan umroh dan haji biasanya menyiasati itu dengan menyertakan hotel bintang lima dalam paketnya, tapi untuk makan sehari – hari makan di restoran Indonesia yang ada di mall lantai bawah. Bagi jamaah yang pernah tinggal di grand zamzam pasti mengalami hal ini.

Untuk keempat dan kelima adalah biaya visa dan tour leader, masing – masing mengambil 7% dari anggaran atau sekitar $100 / jamaah. Untuk visa memang tertera di paspor kita bahwa visa itu gratis, tapi pada kenyataanya travel umroh dan haji harus membayar ke agen visa yang ditunjuk pemerintah Saudi sebesar $80 – $100 bahkan pada saat – saat sulit biayanya ini bisa membengkak sampai 3 kali lipat. Untuk tour leader yang berangkat dari Indonesia sangat tergantung berapa jumlah jamaah dan bagaimana paketnya, tapi kalau paket hemat dengan 20 jamaah biasanya setiap jamaah dibebanni $70 – $80, karena susidi tour leader ini adalah biaya tetap yang paling besar, biasanya menjadi dasar bagi travel umrah haji untuk menentukan jumlah minimal jamaah yang berangkat setiap kelompok, atau kelompok kecil tetap diberangkatkan namun tidak menyertakan pembimbing dari Indonesia.

Kelima hal tadi sudah mencakup 90% pengeluaran paket umroh dan haji, sisanya yang kecil kecil, mencakup, bus, gaji guide, porter, zamzam, handling bandara, manasik, perlengkapan. Yang perlu saya tekankan di sini adalah, besarnya biaya tidak mencerminkan tingkat urgensi hal tersebut. Seperti biaya makan yang lebih besar ketibang bus, bukan berarti catering lebih penting dari bus… kl tidak ada catering kita masih bisa beli di restoran sekitar masjid, tapi kalau tidak ada bus… kita hanya bisa melongo di bandara tanpa kepastian kapan bisa ke mekah.

Semua yang saya ungkapkan di atas bukan suatu standar budgeting yang harus dipakai biro perjalanan umroh. MENARA WISATA yang memang fokus pada paket umroh murah melakukan terobosan yang revolusioner yang dapat menekan harga dan membuat travel lain tidak percaya level hargi itu bisa dicapai. Namun tetap mementingkan kekhusykan ibada para jamaah. Karena itulah tujuan kita ke tanah suci, dan itulah yang menjadikan perjalanan kita sukses atau gagal.

Silahkan Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s