Cara Mengurus Kartu Trisakti KIS, KKS, KIP

kis kks kip

Presiden Jokowi merealisasikan janji kampanye dengan menerbitkan Kartu Tri Sakti. Kartu Sakti tersebut adalah Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

kis kks kip

Untuk memperoleh kartu tersebut, masyarakat terlebih dahulu harus menunjukkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang masih aktif. Namun, bagi yang masih bingung dengan KPS itu, berikut tata cara untuk mendapatkan KPS sebagai syarat awal memperoleh KIS, KIP, dan KKS.

KPS adalah kartu yang diterbitkan oleh pemerintah sebagai penanda rumah tangga miskin. KPS memuat informasi nama kepala rumah tangga, nama pasangan kepala rumah tangga, nama anggota rumah tangga lain, alamat rumah tangga, nomor kartu keluarga, dilengkapi dengan kode batang (barcode) beserta nomor identitas KPS yang unik. Bagian depan bertuliskan Kartu Perlindungan Sosial dengan logo Garuda, dan masa berlaku kartu.

Kartu Perlindungan Sosial (KPS)

Sebagai penanda rumah tangga miskin, KPS ini berguna untuk mendapatkan manfaat dari Program Subsidi Beras untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah, atau dikenal dengan Program Raskin. Selain itu KPS dapat juga digunakan untuk mendapatkan manfaat program Bantuan Siswa Miskin (BSM) dan Program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

KPS, sekarang digunakan serbagai syarat untuk memperoleh Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Persyaratan Memperoleh Kartu Perlindungan Sosial

-Mengajukan permohonan ke RT, RW, kemudian kelurahan. Nantinya, akan digelar musyawarah desa/musyawarah kelurahan untuk menentukan keluarga yang layak mendapatkan KPS. Nantinya, kepala lurah/kepala desa akan melaporkan hasil ini ke Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

-Setelah syarat dipenuhi, nantinya KPS dikirimkan langsung ke alamat RTS oleh PT Pos Indonesia.

-Rumah tangga beserta seluruh anggota berhak menerima program perlindungan sosial sesuai ketentuan yang berlaku.

-Penerima program bantuan sosial harus dapat menunjukkan kartu ini pada saat pengambilan manfaat program. Ketidaksesuaian nomor Kartu Keluarga tidak membatalkan pengambilan manfaat program.

-Kartu ini harus disimpan dengan baik. Kehilangan atau kerusakan kartu menjadi tanggung jawab pemegang kartu. Apabila KPS hilang, sertakan identitas lain dan surat keterangan kepala desa/ lurah.

-Kartu tidak dapat dipindahtangankan.

Tata Cara Mengurus Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

cara urus KIS dan KKS
klik gambar untuk memperbesar

 

Berikut tahapan mengurus Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS):

-Datang ke kantor pos terdekat dengan membawa Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang masih berlaku. Jika KPS hilang, akan dilakukan proses pemeriksaan tambahan oleh Dinas Sosial (Dinsos) atau aparat atau petugas pemda yang ditunjuk.

-Petugas kantor pos kemudian akan memverifikasi data yang bersangkutan dengan data milik kantor pos. Jika cocok, maka petugas akan langsung memberikan KIS, KIP, dan KKS, dan satu SIM card untuk diaktifkan pada telepon seluler yang mereka miliki. Jumlah kartu juga akan disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Misal, untuk satu keluarga dengan anggota seorang bapak, ibu, dan dua anak usia sekolah, akan diberikan satu KKS, empat KIS, dan dua KIP.

– Apabila anak yang masih bersekolah belum menerima KIP, maka orang tua cukup membawa identitas diri/KTP dan KKS, ke pihak sekolah, dan pihak sekolah akan meneruskan data itu ke dinas pendidikan hingga kementerian pendidikan.

-Petugas akan memberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Simcard atau e-Cash Mandiri yang berisi uang elektronik.Juga diberikan KIS dan KIP.

-Masyarakat akan tahu saldo simpanan dari handphone miliknya. Nomor telepon di SIM card berfungsi ganda sebagai nomor rekening untuk penyaluran simpanan keluarga sejahtera (KKS). Setiap keluarga mendapat dana Rp 200.000 per bulan yang disalurkan melalui nomor rekening tersebut. Jika warga ingin mengambil dana tersebut secara tunai, mereka bisa datang ke kantor pos atau ke beberapa agen yang ditunjuk nantinya seperti minimarket atau sejenisnya. Warga bisa melihat penyaluran dana tersebut melalui aplikasi *141*6# dari ponsel masing-masing.

Tip

– Gunakan uang bantuan simpanan secara bijak untuk kegiatan produktif, misal untuk sekolah dan menjaga kesehatan anggota keluarga dan sisakan sebagian untuk simpanan.

 

Semoga bermanfaat.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

34 thoughts on “Cara Mengurus Kartu Trisakti KIS, KKS, KIP

  1. Penyelewengan Katu KIS di desa Purwodadi-kec. sragi-kab.Pekalongan
    Perangkat desa Bekerja tidak Sesuai pada Pemerintah,
    Yang seharusnya kartu KIS di bagikan Kenapa Tidak di bagikan Malah disimpan oleh Perangkat desa.
    Mohon yang berwajib bisa memberi ketegasanya,jika perlu di hukum.

    Suka

  2. Jika saya tdk mempunyai KPS, lalu sy datang ke kantor pos dgn membawa KTP, KK, SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU, apakah persyaratan tsb bisa untuk membuat KKS ?
    Mohon info balasan nya.. Thx

    Suka

  3. bahkan yg sudah memperoleh KPS sdh tdk lagi dirpanjang oleh pemerintah setempat,sy tdk tahu alasannya apa hanya sj setau sy mereka sdk tdk di pedulikan lg.

    Suka

  4. Suara rakyat sulawesi selatan
    menangis meneteskan air mata,krn kurangnya kepedulian pemerintah setempat terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat desa

    Suka

  5. Assalamu alaikum wr wb
    saya berharap agar pemerintah yg menangani KIP,KIS,KPS,dan KKS.agar membentuk tim monitoring ke daerah daerah terkhusus pd daerah terpencil/pedesaan untuk memastikan apakah keluarga yg miskin sdh mendaptkan semuanya.krn faktanya msh banyak masyarakat yg belum mendapatkan jusrtu orang yg seharusnya tdk memperoleh dapat bahagian yg miskin,melarat justru tdk memperoleh.dan tolong kemudahan untuk memperoleh kartu tesebut.terima kasish

    Suka

    1. betul pak…di kampung sy rata rata yg memperoleh kartu kip kis dan kks itu org2 yg sdh mampu,punya rumah sendiri dan koss2an,alasannya krn janda,tp meskipun janda tp kos2annya banyak,rumah gede,punya usaha.namanya janda kaya.la seperti yg ngekos dg penghasilan pas2an malah gak dapat,istilahnya”sing remek tambah remek”.mohon perhatiannya lg pak dengan pendataannya,supaya adil dan sejahtera.kasihan yg miskin jatahnya kerebut sama yg bukan haknya.

      Suka

  6. saya sudah berkeluarga, saya punya satu istri dan dua orang anak. kami tinggal di rumah orang tua krn tdk sanggup biaya utk memiliki sebuah rumah, kami sudah punya kartu keluarga akan tetapi kartu Trisakti tersebut tidak pernah kami dapatkan, sedangkan kami telah berusaha beberapa kali mengurusnya melalui kepala Desa namun tak pernah kami dapatkan, padahal keluarga yang kami anggap sejahtera dibandingkan dengan keluarga kami malah mudah mendapatkannya, saya juga bertanya apakah ini suatu keadilan yang sebenarnya di desa kami???, kami adalah penduduk asli desa Hilihao kecamatan Gunungsitoli, kota gunungsitoli-nias. nama saya Faogo’aro Harefa. kami berharap juga kepada bapak presiden Jokowi agar meninjau kembali penyaluran kartu tersebut terutama di Desa Kami dan umumnya di kota gunungsitoli, mohon jawabannya, terima kasih.

    Suka

  7. aslkm, saya penerima kps tetapi kok saya tidak dapat KIP cuman KIP saja yang gak ada yang 3 ada semua. bagaimana cara mendapatkanya mohon infonya .
    terimakasih.

    Suka

  8. saya sudah menikah dan punya ank 3.kami blum punya rumah jadi sekarang kami masih tinggal dgan orang tua”jd karena rumah orang tua tembok maka kami tidak mendapat bantuan apa pun.sedankan kami bukan orangkaya.bagaimana cara supaya saya bisa mendapat kis,kip,n bantuan lainnya.trimakasih

    Suka

  9. Bagaimana dengan Masyarakat yang tidak memiliki KPS apakah tidak layak menerima KIS, KIP, dan KKS?? Karena masih banyak masyarakat yang tidak terdaftar pada saat pendataan penerima KPS itu.

    Suka

  10. Alaikum,,,sy pemegang kartu KPS di wilayah bekasi,sy sdh 2 kali mencairkannya,,tp setelah yg ke 3,4,5 kalinya ternyata go bisa di cairkan dan kartu KPS sy go bisa d tukar engan 4 kartu sakti dr pk jokowi,,sy curiga ad permainan orang2 atas,,masalah nya hampir ratusan d bekasi gkj bisa d cairkan,dan sy minta tolong di tindak lanjuti pak

    Suka

  11. saya dan keluarga sudah menerima KIS tapi anak saya yang kedua belum terdaftar dan belum mendapat kartu KIS… bagaimana cara saya mendaftarkan anak saya ke duan. Trims

    Suka

  12. selamat sore, kami mau tanya tentang kartu Kis,KIP, apakah hanya yg menerima KPS itu yang menerima KIS,KIP. apakah boleh kami miliki KIS,KIP yag belum menerima KPS, balas

    Suka

  13. mas mau tanya…saya penyandang disabilitas sejak kecil dan sekarang sudah dewasa,,apakah bs dapat K
    IS,,? Saya blum punya kartu kps maupun kks

    Suka

      1. aq dpet kartu KIP tpi gk d kasih in dri pegawai nya. d karna kan aq sudah menikah klau kya gitu gmna yah mas..?

        Suka

      1. DI DAERAH PURWODADI KEC. SRAGI-KAB. PEKALONGAN perangkat desa bertugas tidak benar, sebenarnya kartu KIS itu dah dah di bagikan sampai tahun ini dan bulan ini ada yang baru di bagi, padahal kartu sudah keluar dah lama, Kepala desa pun ngak bisa menjawab disaat ditanya ,Bagai mana ketegasannya. Saya mohon dari Pihak yang berwajib memberi ketegasan di desa kami. dan rata-rata yg mendapat kartu KIS orang yang Mampu.

        Suka

      2. kepala Desa pun ditanya sama warga ngak bisa menjawab,
        semuanya saling tuduh antar perangkat desa ,
        Mohon pak jokowi memberi ketegasanya,
        terimakasih .

        Suka

Silahkan Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s