Mudzakarah amal maqomi silaturrahim 2,5 jam

baitullah pic amazing

Mudzakarah amal maqomi silaturrahim 2,5 jam
silaturahim harian kunjungan setiap hari, setiap rumah, setiap orang

lama waktu miinimal 2,5 jam atau 150 menit, berangkat dari masjid dan kembali ke masjid

Target kerja ;
minimal kunjungna 2 rumah dan jika ada sisa waktu bisa di gunakan untuk amal masjid lainnya seperti ; baca Al Qur’an, dzikir, mudzakarah, solat sunnat, menjenguk yg sakit, urus jenazah, ziarah kepada kawan2 da’i lainnya, dll.

Yang tidak boleh dilakukan adalah tidur dan urusan dunia, maka selama program 2,5 jam jangan sampai kita bawa HP/urusan dunia.

Ada 4 prinsip yang harus di penuhi oleh seorang da’i hingga akan meningkatkan kerja :

-Tentukan waktu beramal, kapan akan 2,5 jam, 3 hari, 40 hari/4 bulan, kapan waktu ta’lim, musyawarah, tilawat, dzikir, dll.
-Sempurnakan waktu beramal
-Istiqomah atau berketerusan
-Sesuai arahan para Masyeh/cara yang benar.

Maka kita pahami bahwa program 2,5 jam adalah motor utama atau roda utama penggerak mesin da’wah ini, jika roda ini bekerja dengan baik, maka seluruh mesin2 akan berjalan, jika roda ini macet, maka seluruh mesin juga akan macet.

2.5 jam yang berjalan dengan baik akan menghasilkan da’i-da’i yang semakin kuat imannaya, akan menghasilkan orang-orang baru dalam da’wah, sehingga dengan bertambahnya umat yang ambil bagian dalam da’wah ini, maka amal -amal maqomi lainnya akan mudah di jalankan.

Langkah awal adalah bentuk jama’ah di muhalla / masjid kita yang terdiri dari 4 orang dengan komposisi 2 orang lama dan 2 orang baru, jika kondisi tidak memungkinkan maka kita bisa saja terdiri dari 2 orang, 3 orang, tapi bisa juga 1 jama’ah ini terdiri dari 5 orang. Yang idealnya memang 4 orang.

Berikutnya tentukan waktunya,
targhib betapa pentingnya kerja ini dan sungguh – sungguh untuk menunaikan waktu yang telah di tetapkan. tentukan kapan jama’ah ini akan keluar 3 harinya, ini penting karena kita akan tashkil orang-orang untuk keluar bersama kita, tentukan dengan tepat setiap bulannya, minggu ke berapa dan tanggal berapa.

Musyawarah rute 2,5 jam dengan jama’ah kita yang sudah terbentuk lakukan kunjungan secara berurutan sehingga semua rumah terkunjungi merata.

Jika 2 rumah perhari, maka dalam 1 bulan kerja (27 hari maqomi, karena 3 hari untuk nisab), maka kunjungi 54 rumah, jika 20 % saja dari kunjungan ini yang siap keluar 3 hari maka pada akhir bulan kerja kiya akan mendapatkan 10 orang yang siap keluar 3 hari bersama kita. pagi, siang ataupun sore hari, kita sungguh ikrom dan kunjungi mereka, sampaikan 4 pembicaraan, dana malam hari kita menangis dan do’a kan meraka.

Tujuan utama da’wah baik 2,5 jam harian, keluar 3 hari, 40 hari, atau 4 bulan adalah untuk membentuk iman yang sempurna pada diri kita.

Hakekat kerja da’wah ini adalah untuk membentuk iman sebagai mana imannya para sahabat r.a. hum, kerja yang mulia, kerja para Nabi AS., namun sayang ketika pekerja da’wah tidak memahami hakekat kerja ini maka mereka hanya menjadikan kerja ini sebagai adat, padahal kerja da’wah ini senantiasa akan mendatangkan nusrotullah dalam kehidupan para da’i sebagaimana nusrotullah yang Allah SWT. berikan para Nabi dan Sahabat.

Sebagaimana yang sering di sampaikan Maulana Saad bahwa sayang sekali hari ini para da’i baru menjadikan kerja da’wah ini sebagai adat (menunaikan kebisaan), belum sampai kepada level kerja yang mampu membangkitkan ruh da’wah, nusrotullah ghoibiayah. Lalu bagaimana supaya kerja ini mampu mendatangkan hakekat iman, nusrotullah ghoibiayah…?

-Tentukan waktu beramal
-Sempurnakan waktu beramal
-Istiqomah atau berketerusan
-Sesuai arahan para Masyeh/cara yang benar

KETEPATAN WAKTU BERAMAL
Tentukan waktu 2,5 jam dan jangan pernah menggeser waktu ini ketika berbenturan dengan urusan dunia kita. setelah waktu di tentukan maka Allah akan datangkan ujian untuk tingkatan iman kita, dan jika kita senantiasa kita dahulukan kerja 2,5 jam ini

Silahkan Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s