Seberapa pengaruhnya paspor Indonesia

Seberapa Berpengaruhkah Paspor Indonesia?

Seberapa besar pengaruh paspor Indonesia dibanding negara-negara lain? Hasilnya ternyata tidak terlalu bagus. Pemegang paspor Indonesia hanya bisa mengunjungi 53 negara secara bebas visa atau visa on arrival.

Pemegang paspor Inggris, Finlandia, dan Swedia, disebut-sebut sebagai paspor paling berpengaruh di dunia. Ketiganya memiliki akses terbaik untuk bepergian ke berbagai negara di dunia. Hal tersebut diungkapkan berdasarkan informasi yang dihimpun Good Magazine.

Seperti dikutip dari Dailymail.co.uk, pemegang paspor Inggris bisa masuk dengan mudah ke banyak negara, dibanding pemegang paspor negara maju lainnya seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Jerman.

Pemegang paspor Inggris, Finlandia, dan Swedia, bisa mengunjungi 173 negara dengan akses bebas visa atau kemudahan mendapatkan visa on arrival. Sebagai perbandingan, pemegang paspor Amerika Serikat dan Jerman bisa mengunjungi 172 negara. Sementara paspor Kanada bisa mengunjungi 170 negara dan Australia bisa mengunjungi 168 negara.

Tak heran, berdasarkan informasi yang dihimpun tersebut, negara-negara di kawasan Eropa, Amerika bagian utara (Amerika Serikat dan Kanada), dan Australia, merupakan negara-negara dengan akses termudah untuk melancong ke berbagai negara di dunia.

Sementara itu, negara-negara di kawasan Amerika Selatan memiliki akses menengah dalam hal kemudahan mengunjungi negara-negara di dunia. Sedangkan pemegang paspor Asia dan Afrika, rata-rata harus berjuang keras untuk melakukan perjalanan karena susahnya akses mendapatkan bebas visa maupun visa on arrival.

Negara dengan paspor paling tak berpengaruh di dunia adalah Afghanistan. Pemegang paspor Afghanistan hanya bisa mengunjungi 28 negara secara bebas visa ataupun visa on arrival. Irak, Pakistan, dan Somalia juga termasuk di bagian terbawah, dengan hanya akses ke 31 atau 32 negara.

Pemegang paspor dari kawasan Asia Tenggara

Sementara itu, Jepang merupakan negara dengan paspor paling berpengaruh di kawasan Asia. Pemegang paspor Jepang bisa mengunjungi 170 negara secara bebas visa maupun visa on arrival.

Dari kawasan Asia Tenggara, paspor Singapura merupakan paspor paling berpengaruh di kawasan tersebut. Pemegang paspor Singapura bisa mengunjungi hingga 167 negara secara bebas visa maupun visa on arrival. Kemudian disusul Malaysia sebanyak 163 negara.

Masih di kawasan Asia Tenggara, Brunei di urutan ketiga dengan 146 negara. Lalu, Thailand di urutan keempat dengan 68 negara dan Filipina di urutan kelima dengan 58 negara. Barulah di urutan keenam adalah Indonesia yang memiliki akses mengunjungi 53 negara secara bebas visa maupun visa on arrival.

Silahkan Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s