Fadhilah Sholat Hadits ke 6

Fadhilah Keutamaan Sholat HADITS KE-6
 
Dari Abu Muslim At-Taghlabi r.a., ia berkata, “Aku menemui Abu Umamah r.a. ketika ia berada di masjid. Aku berkata kepadanya, “Hai Abu Umamah, sesung-guhnya seseorang bercerita kepadaku mengenai dirimu, bahwa engkau pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda,

“Barangsiapa berwudhu dengan sempurna, membasuh kedua tangannya dan mukanya, dan mengusap kepalanya dan kedua telinganya, kemudian ia mengerjakan shalat fardhu, maka Allah mengampuni dosa-dosanya pada hari itu, dosa yang dilangkahkan oleh kedua kakinya, yang dipegang oleh kedua tangannya, yang didengar oleh kedua telinganya, yang dilihat oleh kedua matanya, dan kejahatan yang tersirat dalam hatinya.” Jawabnya, “Demi Allah, sesungguhnya aku mendengar berita itu dari Rasulullah saw. berkali-kali.” (Ahmad – At-Targhib).
 
Utsman, Abu Hurairah, Anas, Abdullah As-Sunabihi, Amr bin ‘Abasah radhiyallahu ‘anhum dan banyak lagi sahabat lainnya, juga telah meriwayatkan hadits seperti di atas. ParaAhlul-Kasyaf dapat merasakan dosa-dosa seseorang yang berguguran. Terdapat kisah terkenal mengenai Imam ‘Adham (Abu Hanifah) rah.a. yang dapat mengetahui dosa apakah yang telah diampuni dari tetesan air wudhu seseorang.
 
Utsman r.a. meriwayatkan sabda Rasulullah saw., “Janganlah seseorang tertipu dengan berharap bahwa semua dosanya akan diampuni melalui shalat, lalu ia berani berbuat dosa, sebab jika Allah menerima shalat dan ibadah kita, itu semata-mata karena belas kasih-Nya. Jika tidak, kita mengetahui betul hakikat ibadah kita. Walaupun shalat menyebabkan dosa diampuni, hanya Allah Yang lebih mengetahui apakah dosa-dosa kita diampuni atau tidak. Jika ada seseorang yang berbuat dosa lalu berkata, “Tuhanku Maha Pengampun,” sungguh itu sangat tidak berperasaan. Hal itu dimisalkan seperti seorang ayah yang berkata, “Jika anakku berbuat kesalahan, maka akan aku maafkan.” Lalu karena ucapan ayahnya itu, anak pun berbuat durhaka dengan sengaja.

Silahkan Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s